Objek Wisata Pantai Kuwaru Bantul Yogyakarta

Pantai KuwaruPantai Kuwaru terletak di Poncosari, kecamatan Srandakan, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Berjarak lebih kurang 29 km dari pusat kota Yogyakarta ke arah barat daya. Dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju ke objek wisata tersebut tidaklah sulit, karena akses jalan yang bagus atau sudah beraspal. Pantai ini memiliki suasana yang sejuk, karena di sepanjang pantai di tanami tanaman cemara udang.

Kawasan Wisata Pantai Kuwaru ini terletak sekitar 29 Km dari pusat kota Jogjakarta, atau terletak 4-5 Km disebelah Timur Pantai Pandansimo dan sekitar 6-7 Km sebelah Barat dari Pantai Pandansari. Dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Dua ratus meter sebelum sampai di pantai, akan kita dapati TPR atau Tempat Pembayaran Retribusi. Untuk memasuki kawasan Objek Wisata Pantai Kuwaru ini tidak berbeda jauh dengan tempat-tempat wisata lainnya, yaitu ada retribusi yang dikenakan pada setiap pengunjung yang datang. Retribusi tersebut menjadi pendapatan pemda Bantul yang nantinya dipergunakan untuk membangun, merenovasi, dan mangembangkan kawasan wisata tersebut untuk kenyamanan para pengunjung.

Pantai Kuwaru memiliki ciri khas yang tidak dimiliki pantai lain yaitu pohon cemara udang, yang tidak bisa di jumpai di pantai lain. Pohon cemara Udang ini memiliki fungsi sebagai memecah gelombang apabila terjadi Tsunami dan peng¬-reduce kadar garam dalam udara, yang memproduksi banyak oksigen sehingga di pantai ini udara terasa sangat sejuk.

Objek Wisata Pantai Kuwaru Bantul ini memiliki akses jalan yang sudah bagus dan beraspal. Namun masih agak kesulitan apabila pengunjung berniat menggunakan bis besar, karena jalan yang tersedia masih kurang lebar untuk kendaraan serupa. Akan tetapi pengunjung dapat menempunya dengan menggunakan kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat. Perjalanan kira-kira membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Jogja hingga pantai Kuwaru.

Selama dalam perjalanan memasuki wilayah Bantul kita akan disuguhi dengan pemandangan yang akan sangat jarang di temui di perkotaan. Hamparan sawah yang terbentang luas dengan warna warni tanaman pertanian yang sangat beragam, tak jarang kita juga akan menemui para petani yang sedang dan akan mengerjakan sawah-sawahnya.

Selain itu, selama perjalanan kita juga akan melewati beberapa desa dan kampung yang akhirnya sampai di tempat tujuan pantai Kuwaru. Kita juga akan disuguhi banyaknnya pepohonan yang tumbuh di sekitar desa atau perkampungan di pinggir-pinggir persawahan tersebut. Angin bertiup semilir sepoi-sepoi yang menggerakkan semua dedaunan dan pepohoan, yang membuat kita merasa teduh dan nyaman selama berada dalam perjalanan menuju pantai Kuwaru.

Pantai Kuwaru menyediakan berbagai fasilitas untuk para pengunjung, antara lain mushola, toilet, dan area parkir yang luas. Selain itu ada juga berbagai Wahana wisata seperti Kolam Renang, ATV motor, Motor trail, Kereta Mini, Mandi bola. Pada waktu-waktu tertentu terkadang ada juga komidi putar, Biang lala, dan rumah balon. Semua wahana wisata ini makin memanjakan pengunjung Objek Wisata Pantai Kuwaru Bantul ini

Bagi pecinta kuliner, masakan seafood di Pantai Goa Cemara ini bisa menjadi salah satu alternatif wisata kuliner keluarga. Menu kuliner yang disadiakan untuk para pecinta makanan seafood adalah berbagai macam olahan ikan dalam kondisi segar, dan bisa langsung di olah menjadi masakan seafood yang lezat.

Demikianlah salah satu potensi Objek Wisata Alam Indonesia berupa Objek Wisata Pantai Kuwaru Bantul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan Objek Wisata Pantai sebelumnya yaitu Objek Wisata Pantai Goa Cemara yang juga terdapat di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Semoga salah satu pantai ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...