Objek Wisata Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta

Pantai Goa CemaraPantai Goa Cemara berlokasi di dusun Patehan, Gadingsari, Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai ini berjarak kurang lebih sekitar satu kilometer di sebelah timur Pantai Kuwaru atau sekitar 30 km di selatan pusat kota Yogyakarta.

Nama Pantai Goa Cemara ini mungkin masih terasa asing bagi pelancong yang berasal dari luar kota Yogyakarta. Seperti namanya, Goa Cemara yang dimaksud di sini adalah adalah rerimbunan pohon cemara udang yang membentuk payung, dimana di bawahnya membentuk lubang mirip sebuah goa. Ciri khas inilah yang membuat orang menyebut pantai ini dengan nama Pantai Goa Cemara.

Pemandangan hutan cemara yang asri, membuat orang yang pernah mengunjungi kawasan Wisata Pantai Goa Cemara ini menganggap pantai ini sebagai pantai yang alami dan masih perawan. Untuk menuju ke area hutan cemara ini, pengunjung harus melewati gundukan pasir terlebih dahulu. Di dalam hutan inilah para pengunjung biasanya menggelar tikar dan menikmati bekal sambil merasakan suasana piknik yang nyaman dan rindang.

Seperti halnya pantai-pantai di daerah Bantul lainnya, Objek Wisata Pantai Goa Cemara ini mempunyai pasir berwarna hitam dan berombak besar. Akan tetapi, di pantai ini tidak begitu banyak dijumpai warung makan dan wahana seperti di Pantai Kuwaru. Bangunan yang ada di kawasan pantai ini hanyalah bangunan semi permanen yang dibangun penduduk untuk berjualan. Hal ini menjadikan pantai yang banyak ditumbuhi pohon cemara udang lebat ini terlihat sepi dan damai. Di sekitar pantai ini juga banyak dijumpai tanaman jenis ubi jalar, seperti ubi biru, ubi kuning atau ubi madu, dan ubi putih.

Berbagai fasilitas penunjang wisata yang ada di Objek Wisata Pantai Goa Cemara Bantul ini juga tersedia. Fasilitas umum yang disediakan di sekitar pantai ini yaitu seperti kamar mandi, toilet, dan mushola. Selain itu, kawasan pantai ini juga menyediakan lahan untuk melakukan kegiatan outbond dan camping.

Demikianlah salah satu potensi Objek Wisata Alam Indonesia berupa Objek Wisata Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan Objek Wisata Pantai sebelumnya yaitu Objek Wisata Pantai Kukup yang terdapat di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga salah satu pantai ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...