Objek Wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai NgobaranPantai Ngobaran secara administrasi masuk di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul. Dengan jarak tempuh 35 km ke arah selatan dari kota Wonosari atau 65 km dari kota Yogyakarta.

Kawasan Wisata Pantai Ngobaran memiliki garis pantai yang landai. Garis pantai langsung bertemu dengan tebing dan bebatuan karang. Sesampainya di sini kita akan melihat pemandangan luas laut selatan tanpa batas, karena kita berdiri diatas bukit tinggi dengan gemuruh ombak menambarak tebing dan bebatuan.

Kuliner khasa Pantai Ngobaran ini adalah daging landak laut yang memiliki cita rasa menyerupai daging ayam. Daging landak laut sangat khas, yaitu memiliki tekstur kenyal serta bercita rasa lezat. Sayangnya, tidak banyak penduduk yang menjual makanan yang eksotik itu. Tapi jika Anda penasaran dengan kelezatan rasa landak laut goreng, coba saja meminta pada salah satu penduduk untuk memasakkan. Dengan senang hati mereka akan membantu Anda.

Kendala untuk mencapai Objek Wisata Pantai Ngobaran ini adalah masih belum banyaknya publikasi atau penanda arah menuju tempat ini. Untuk angkutan umum maupun maupun travel yang melayani paket wisata ke sana, masih sangat sulit ditemukan. Untuk memudahkan menuju tempat ini lebih baik kita menggunakan transportasi pribadi atau menyewa mobil.

Lokasi menuju Pantai Ngobaran bisa melalui jalur dari kota Yogyakarta menuju kota Wonosari, setiba di lapangan Gading, belok arah Playen, Paliyan, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Trowono. Rute Paliyan-Trowono merupakan rute yang sangat menarik bagi penyuka penjelajah. Rute ini kita melewati hutan Sodong dengan jalanan naik turun dengan panorama alami dimana sesekali kehadiran monyet kita temui sedang menyeberang jalan.

Untuk memudahkan mencapai Objek Wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul ini adalah dengan mengikuti papan petunjuk arah menuju Pantai Ngrenehan. Melewati mata air Namberan Trowono, kemudian di teruskan di Kanigoro, Saptosari. Tidak lama kemudian, ada pertigaan dengan papan penunjuk arah: ke kanan Pantai Ngobaran, dan ke kiri Pantai Ngrenehan. Ikutilah papan petunjuk tersebut, dan tibalah Anda di pantai eksotis ini.

Demikianlah salah satu potensi Objek Wisata Alam Indonesia berupa Objek Wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan Objek Wisata Pantai sebelumnya yaitu Objek Wisata Pantai Sadeng yang juga terdapat di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga salah satu pantai ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...