Objek Wisata Pantai Sadeng Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai SadengSecara administratif Pantai Sadeng terletak di Desa Songbanyu, Kecamatan Girisuno, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak tempuh sekitar 70 km dari kota Yogyakarta memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Perjalanan menuju Pantai Sadeng para pengunjung disuguhkan dengan pemandangan yang masih alami, seperti bukit kapur yang memanjang membentuk aliran sungai. Bukit kapur ini juga sering disebut sebagai kawasan sungai purba.

Kawasan Wisata Pantai Sadeng dikembangkan menjadi pelabuhan nelayan pada tahun 1983. Cikal bakal pengembangan ini ditandai dengan kedatangan para nelayan dari daerah Gombong yang melihat potensi besar di pantai ini. Jauh sebelum kedatangan para nelayan dari Gombong, Pantai Sadeng pernah menjadi pelabuhan yang kemudian lama tidak aktif dikarenakan kepercayaan penduduk setempat yang melarang melaut. Larangan itu berkaitan dengan mitos Ratu Laut Selatan serta kepercayaan bahwa Pantai Sadeng adalah pantai yang wingit.

Menurut kepercayaan masyarakat lokal, nama Sadeng itu bermula dari nama Sedeng yang berarti cukup. Jadi siapapun yang masuk ke Pantai Sadeng akan mampu bertahan dan tidak perlu untuk menjadi rakus atau tamak. Kearifan lokal inilah yang melatarbelakangi masyarakat sekitar untuk membuka kembali kawasan Pantai Sadeng menjadi pelabuhan ikan bagi para nelayan. Dengan memegang teguh kepercayaan tersebut, para nelayan di Pantai Sadeng tetap bisa hidup dengan berkecukupan dan saling menghargai satu dengan lainnya.

Keindahan Objek Wisata Pantai Sadeng tidak kalah unik dan khas dibandingkan dengan pantai selatan lainnya. Deburan ombak yang tinggi dikala air pasang, warna-warni biru hijau air pantai yang membentang luas dari dermaga hingga ujung pantai. Kesibukan para nelayan dan pemancing menjadi ciri khas kehidupan pantai ini. Perbukitan yang mengelilingi pantai ini menjadi sebuah tembok besar yang memancarkan keindaha dengan bebatuan karang yang ditumbuhi tumbuhan hijau.

Perjalanan menuju Objek Wisata Pantai Sadeng Gunung Kidul ini tidaklah sulit. Berbagai angkutan telah tersedia mulai dari angkutan yang bersifat pribadi alias ojek sampai angkutan umum alias minibus. Dari pusat kota Wonosari kita langsung ke arah Semanu dilanjutkan ke Rongkop dan akhirnya kita mencapai kecamatan Girisubo, Pantai Sadeng. Kenyamanan perjalanan tidak perlu diragukan karena jalanan sudah diaspala dari Wonosari hingga ke Pantai Sadeng. Perjalanan dari Wonosari hingga Pantai Sadeng akan menjadi perjalanan penuh romantika, jalanan yang naik turun dengan selingan tikungan tajam dan perbukitan yang terus menjadi teman perjalanan sampai pada di titik akhir di Pantai Sadeng.

Demikianlah salah satu keindahan Objek Wisata Alam Indonesia berupa Objek Wisata Pantai Sadeng Gunung Kidul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan Objek Wisata Pantai sebelumnya yaitu Objek Wisata Pantai Pok Tunggal yang juga terdapat di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga salah satu pantai ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...