Objek Wisata Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Pok TunggalKawasan Pantai Selatan Gunung Kidul sudah banyak dikenal memiliki keindahan yang khas mulai dari ujung barat hingga ujung timur. Salah satu pantai yang indah dan menjadi Objek Wisata Pantai adalah Pantai Pok Tunggal. Pantai Pok Tunggal merupakan pantai yang landai dengan pasir putihnya menawarkan berbagai keindahan bersama sanak keluarga, handai taulan dan teman-teman.

Kawasan Wisata Pantai Pok Tunggal ini mulai di akses untuk wisatawan sejak Mei 2012. Jarak tempuh 50 kilometer dari Wonosari dan 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta. “Konsep awalnya bersifat prifat atau tertutup agar para pengunjung dapat menikmati sunrise dan sunset, namun pada perkembangannya pantai ini mulai dipadati wisatawan yang ingin melakukan kegiatan di pantai sembari menghabiskan malam.

Pemberian nama Pok Tunggal adalah pemberian warga setempat dikarenakan di area pantai ini terdapat sebuah pohon besar yang kini masih kokoh berdiri, seperti tampak pada gambar diatas.

Potensi lain yang dimiliki oleh Objek Wisata Pantai Pok Tunggal ini adalah kontur pantai yang landai dengan pasir putih dapat digunakan untuk berbagai kegiatan olahraga pantai, mulai dari volley pantai, tracking tebing, menikmati sunset, makan malam romantis di tepi pantai, pesta ikan bakar dan lobster, menginap di pantai dengan tenda dan lain-lain.

Meskipun rute menuju Objek Wisata Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul sedikit menantang karena jalan yang dilalui masih belum di aspal, namun pantai ini sudah mempunyai fasilitas pelengkap penunjang wisata. Seperti area parkir, toilet, warung makan dan mushola yang dikelola masyarakat setempat.

Demikianlah salah satu keindahan Objek Wisata Alam Indonesia berupa Objek Wisata Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan Objek Wisata Pantai sebelumnya yaitu Objek Wisata Pantai Indrayanti yang juga terdapat di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga salah satu pantai ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...