Objek Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat

Pantai Pelabuhan RatuPantai Pelabuhan Ratu terletak 60 km dari Sukabumi ini. Pantai ini merupakan salah satu Objek Wisata Pantai kebanggaan Pemerintah Kabupaten setempat dengan menyajikan panorama alam yang indah dan luasnya hamparan pasir.

Selain itu, kawasan Wisata Pantai Pelabuhan Ratu juga terkenal dengan pesta laut, yaitu melarungkan kepala kerbau dan sesaji lainnya ke tengah laut. Tradisi ini diselenggarakan oleh para nelayan setempat setiap tanggal 5 April sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan. Acara ini kemudian diikuti dengan berbagai kegiatan, seperti bakti sosial, lomba, dan pementasan hiburan. Tradisi ini berlangsung selama 2 hari 1 malam.

Kondisi ombak di Pantai Pelabuhan Ratu ini dapat Anda jadikan sebagai tempat untuk berselancar. Beberapa titik yang ramai dikunjungi pada bulan mei-Oktober dikunjungi adalah Batu Garam, Karang Sari, Cimaja, Karang Haji, Indicato, Sunset Beach, Ombak Tujuh, dan ujung Genteng.

Objek Wisata Pantai Pelabuhan Ratu juga memiliki tempat pelelangan ikan yang menjual berbagai macam ikan laut, seperti cakalan, layur, cumi-cumi, bawal, udang, dan lain-lain dalam kondisi masih segar. Jika Anda ingin melihat langsung proses pendaratan kapal paran nelayan dari melaut, datanglah pada sekitar pukul 11.00-13.00 WIB.

Untuk berkunjung ke Objek Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi, Anda dapat menempuhnya dengan bus dari Terminal Bogor jurusan Bogor-Sukabumi dengan tarif sekitar Rp 15.000,-. Perjalanan dilanjutkan dengan bus jurusan Sukabumi-Pelabuhan Ratu. Biaya tiket masuk adalah Rp 2.000,- per orang.

Fasilitas yang terdapat di Objek Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat ini, antara lain mushala, area parkir yang cukup luas, taman bermain anak, tempat bersantai, dan beberapa warung makan yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Selain itu, ada juga kios-kios pakaian, suvenir, dan oleh-oleh khas Sukabumi. Jika Anda ingin menginap, terdapat berbagai macam losmen dan hotel, mulai dari hotel kelas melati sampai kelas berbintang.

Itulah sedikit gambaran keindahan Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan panorama Objek Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo di daerah Jawa Timur. Semoga salah satunya bisa menajdi tujuan wisata pantai favorit kamu...