Objek Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo Jawa Timur

Pantai Pasir Putih SitubondoPantai Pasir Putih merupakan salah satu tujuan Objek Wisata Alam Indonesia andalan bagi Provinsi Jawa Timur. Hal ini karena letak kawasan Wisata Pantai Pasir Putih yang strategis, yaitu di pinggiran jalan utama Surabaya-Banyuwangi. Jika Anda dalam perjalanan menuju ke Bali dari Surabaya atau menuju Gunung Bromo dari Banyuwangi, Anda dapat mampir untuk beristirahat dan menyaksikan keindahan panorama Pantai Pasir Putih ini

Berbagai macam olahraga laut, seperti berenang, menyelam, maupun berselancar dapat dilakukan di Objek Wisata Pantai Pasir Putih ini. Jika enggan berenang, pengunjung dapat menaiki perahu untuk berlayar dan menikmati pemandangan bawah laut. Beragam hiburan seperti konser musik dan bermacam lomba, seperti lomba selancar, memancing, dan lomba perahu nelayan tradisional sering diadakan untuk memuaskan para wisatawan.

Selain itu pada bulan Oktober para nelayan biasanya mengadakan upacara Petik Laut, yaitu melarung makanan, jajanan, dan kepala lembu ke tengah laut sebagai upaya memohon berkah hasil laut dari Tuhan. Pada upacara ini tak jarang diadakan pementasan musik Gendrung, yaitu musik tradisional yang populer di daerah Banyuwangi dan sekitarnya.

Pantai Pasir Putih ini terletak di Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Jalur menuju Objek Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo terbilang mudah karena posisinya di pinggir jalan utama. Jaraknya dari Surabaya atau sekitar 4 jam perjalanan menggunakan bus dari Terminal Bungurasih Dari arah Situbondo, Pantai Pasir Putih berjarak 21 km atau 30 menit dari Situbondo. Perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Pasir Putih dengan angkutan umum. Jika belum dinaikkan oleh pihak pengelola, tiket masuk Objek Wisata Pantai ini adalah Rp 5.000,-.

Di sekitar lokasi Objek Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo Jawa Timur ini terdapat banyak penyewaan ban pelampung untuk bermain-main di tengah laut. Anda juga dapat menyewa perahu yang dilengkapi kota-kaca untuk menyaksikan pemandangan bawah laut. Pengelola wisata juga menyediakan fasilitas kamar mandi, mushala, dan beberapa tempat untuk beristirahat. Tersedia pula kios-kios yang menjual suvenir seperti replika perahu serta hiasan dan aksesori dari kerang. Bagi yang ingin menginap, di sekitar lokasi Pantai Pasir Putih terdapat penginapan berupa hotel, motel, dan losmen. Tetapi kalau ingin berkemah, ada juga area khusus berkemah.

Itulah sedikit gambaran tentang Objek Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo Jawa Timur pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan panorama Objek Wisata Pantai Pasir Panjang yang terdapat di Singkawang Kalimantan Barat. Semoga salah satunya bisa menajdi tujuan wisata pantai favorit kamu...