Objek Wisata Pantai Samas Bantul Yogyakarta

Pantai SamasDaerah Kabupaten Bantul termasuk salah satu daerah yang memiliki banyak Objek Wisata Pantai yang indah dan sayang dilewatkan ketika anda berkunjung disana. Salah satu pantai yang harus masuk dalam agenda kunjungan Anda adalah Pantai Samas, yang memiliki keindahan pasirnya, lengkap dengan mercusuar yang bisa Anda naiki.

Kawasan Wisata Pantai Samas terletak di sebelah barat Pantai Parangtritis, atau tepatnya berada di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, sekitar 14 kilometer arah selatan Kota Bantul. Dari Yogyakarta, Anda dapat menuju ke arah barat daya kurang lebih sejauh 35 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Objek Wisata Pantai Samas cukup mudah untuk dicapai dengan kendaraan, baik pribadi maupun umum. Hal ini dikarenakan prasarana jalan yang telah dibangun dengan baik. Perjalanan pun cukup menyenangkan karena melewati bentangan sawah yang menghijau dan banyak pohon kelapa di pinggir jalan.

Objek Wisata Pantai Samas Bantul ini terkenal dengan keindahan pantainya yang disertai dengan angin kencang, ombak laut yang besar, delta-delta sungai, dan danau air tawar yang membentuk telaga yang digunakan untuk pengembangan ikan dan udang galah. Namun perlu diperhatikan, bentukan bibir pantai yang agak curam menyarankan pengunjung tidak mandi di pantai Samas karena cukup bahaya jika belum terlalu kenal dengan medannya.

Objek Wisata Pantai Samas memiliki keindahan pasir putih yang alami. Di Pantai Samas ini Anda juga dapat menikmati keindahan laut dengan menaiki Mercusuar Patehan. Dari Mercusuar Patehan ini, Anda bisa menikmati pemandangan laut yang luas membentang di sekitar pantai Samas. Pengalaman ini sangat membuat Anda puas sepulangnya Anda dari Pantai Samas ini.

Selain itu, untuk menunjang Pantai Samas sebagai kawasan Wisata Pantai, di tempat ini juga telah dikembangkan terminal, tempat parkir, MCK, penginapan, SAR, jaringan listrik, mushola, dan rumah makan. Dengan semua fasilitas ini tentunya akan membuat pengunjung menjadi lebih mudah untuk mengakses Pantai Samas darimanapun mereka asalnya.

Di Pantai Samas ini juga, Anda dapat pula menyaksikan usaha pemeliharaan ikan dan udang yang dilakukan oleh Sub Dinas Perikanan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa upacara adat juga dilakukan di Pantai Samas ini seperti Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro, Labuhan Sedekah Laut, dan Pentas Seni Budaya yang diadakan saat liburan atau saat lebaran.

Demikianlah salah satu potensi Objek Wisata Alam Indonesia berupa Objek Wisata Pantai Samas Bantul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan Objek Wisata Pantai sebelumnya yaitu Objek Wisata Pantai Pandansimo yang terdapat di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Semoga salah satu pantai ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...