Objek Wisata Pantai Pandansimo Bantul Yogyakarta

Pantai PandansimoPantai Pandansimo termasuk slah satu pantai yang sedang menjadi perbincangan saat ini. Saat pertama kali kamu ingin berkunjung ke Kawasan Wisata Pantai Pandansimo, pastinya akan ditanyakan tujuan Anda, Pantai Pandansimo Lama atau Pantai Pandansimo Baru. Karena memang ada dua Pantai Pandansimo yang letaknya tidak berjauhan di Bantul Yogyakarta.

Objek Wisata Pantai Pandansimo Lama
Objek Wisata Pantai Pandansimo Lama berada di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, kurang lebih 20 kilometer arah barat daya Kota Bantul. Terletak bersebelahan dengan Muara Sungai Progo, dan merupakan pantai paling barat dari deretan Pantai Selatan yang masuk ke wilayah Kabupaten Bantul.

Deburan ombak yang besar dan liar, suasana mistis yang masih kental dengan banyaknya petilasan yang keramat, hiruk-pikuk nelayan melawan melawan ganasnya ombak merupakan gaya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain panorama pantai yang indah, di Objek Wisata Pantai Pandansimo Lama ini juga terdapat objek wisata ziarah seperti Pandanpayung dan Pandansari. Hal menarik yang dapat dilakukan di sini adalah berbelanja ikan laut langsung dari nelayan lokal.

Nama Pandansimo sendiri berasal dari kata "pandan" (pohon pandan) dan "simo" (macan). Di sini juga terdapat berbagai aktivitas kebudayaan seperti upacara tradisi Merti Dusun, labuhan sedekah laut, dan pentas seni budaya. Demikianlah sebagian kecil kenikmatan di tengah-tengah denyut nadi kehidupan nelayan di Objek Wisata Pantai Pandansimo Lama Bantul. Cukup mambayar tiket tanda masuk yang rata-rata di bawah Rp 2.000 per kepala, Anda dapat merasakan denyut nadi kehidupan nelayan yang penuh kesederhanaan.

Objek Wisata Pantai Pandansimo Baru
Pantai Pandansimo Baru terletak di Ngentak Srandakan Bantul. Dari jalan Bantul lurus ke selatan sampai ketemu perempatan Palbapang lalu belok kanan atau ke arah barat, lurus terus maka akan bertemu jembatan kulonprogo, tepat sebelum jembatan kulonprogo berbelok kearah selatan terus sampai ketemu plang petunjuk jika kekiri kearah Pantai Kuwaru dan ke kanan kea rah Pantai Baru alias Pantai Pandansimo Baru. Pantai ini bukanlah Pantai Pandansimo yang selama ini masyarakat kenal atau Pantai Pandansimo Lama. Pantai Pandansimo Baru terletak di sebelah Barat Pantai Kuwaru dan sebelah timur Pantai Pandansimo Lama. Tepatnya, kawasan Wisata Pantai Pandansimo Baru di apit oleh kedua pantai yang pernah kondang itu.

Dahulu Pantai Pandansimo Baru hanyalah berupa lahan pasir yang berdiri diatasnya beberapa rumah nelayan dan tempat pelelangan ikan (TPI), namun setelah dikembangkan swadaya oleh masyarakat pantai ini berubah 180 derajat menjadi tempat wisata pilihan di kota Jogjakarta. Di atas lahan pasir ini telah berdiri puluhan kios-kios kuliner khas pantai yang tertata rapid berjajar dari timur ke arah barat, selain itu terdapat pula depot-depot ikan yang siap melayani para pelancong yang bertandang ke pantai ini. Di deretan sebelah utara-pun berjejeran tempat hiburan kolam renang bagi anak serta dewasa.

Suasana Objek Wisata Pantai Pandansimo Baru yang adem dan semilir menambah betah setiap orang yang berkunjung ke pantai ini, bagaimana tidak di sepanjang bibir Pantai Pandansimo Baru berdiri kokoh pepohonan cemara nan rimbun dan indah. Kendaraan segala medan atau All terrain vehicle (ATV) juga disewakan buat pengunjung. Pengunjung dapat berkeliling bibir pantai dengan menggunakan kendaraan ini.

Slogan Pantai Pandansimo Baru sebagai Pantai yang luas, bersih dan nyaman bukanlah tidak beralasan, hal ini dikarenakan kesadaran masyarakat yang tinggi dalam menjaga lingkungan menjadikan pantai ini tampak asri bersih dan tertata. Sayangnya masih ada saja ulah beberapa pengunjung yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Selain di depot ikan, di Objek Wisata Pantai Pandansimo Baru Bantul ini juga pengunjung dapat pula melihat langsung nelayan yang baru turun dari laut yang menjajakan ikan segarnya. Yang jelas pantai ini tidak kalah menarik dengan pantai-pantai lain di Jogjakarta. Pantai ini sangat cocok digunakan untuk acara refreshing keluarga ataupun bersama-sama sahabat karib. Pantai ini jauh dari kata bejubelan, suasana yang tenang cukup kondusif untuk merefreshing diri bersama keluarga. Pengunjung bisa memesan masakan seafood terlebih dahulu sebelum bermain-main di pantai.

Mau menggelar tikar pandan di bawah teduhnya pohon cemara-pun sudah disediakan pemilik warung makanan. Tinggal kriing makanan bisa langsung di antar di tempat pengunjung berteduh. Suasana sun setnya pun sangat indah, sayang jika dilewatkan. Akses jalan masuknya pun cukup mudah, bahkan Bus AKAP/AKDP bisa masuk dan tersedia parkir yang luas. Jadi jangan khawatir akses masuknya akan macet dan antri.

Demikianlah salah satu potensi Objek Wisata Alam Indonesia berupa Objek Wisata Pantai Pandansimo Baru dan Lama di Bantul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan Objek Wisata Pantai sebelumnya yaitu Objek Wisata Pantai Parangkusumo yang juga terdapat di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Semoga salah satu pantai ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...