Objek Wisata Pantai Senggigi Lombok Nusa Tenggara Barat

Pantai SenggigiPantai Senggigi terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai terletak 12 km dari Mataram ini merupakan objek wisata yang terkenal dengan keindahan dan kedamaian pantainya. Tidak salah jika selalu dibandingkan dengan pantai-pantai di Pulau Bali. Sebagai kawasan wisata pantai andalan, Senggigi masih relatif alami dan terjaga kebersihannya. Pantainya masih asri, debur ombaknya yang tak terlalu besar, dan keindahan pemandangan bawah lautnya semakin menegaskan bahwa pantai yangmembentang sekitar 10 km ini dapat menjadi tempat idaman bagi para wisatawan.

Melakukan kunjungan Wisata Pantai Senggigi perlu dijadikan agenda wisata tersendiri bagi Anda yang menyukai keindahan dan kesejukan alam. Saat memasuki kawasan pantai, Anda akan langsung disambut oleh angin sepoi-sepoi yang berhembus di sepanjang gugusan pantai. Di pinggir pantai, Anda akan disuguhi oleh eksotismr pantai berlatar ombak yang saling berkejaran, pasir putih yang menghampar, ribuan binatang kecil yang menyebar di hamparan pasir, serta lanskap Gunung Agung di Pulau Bali.

Ada banyak aktivitas wisata yang dapat Anda lakukan di Objek Wisata Pantai Senggigi ini, seperti berenang, bermain air, menyelam, snorkeling, dan berjemur. Menjelang sore, Anda bisa meluangkan waktu untuk sekadar berjalan santai dengan telanjang kaki menelusuri pinggir pantai, duduk di hamparan pasir, atau bersantai di gerai hotel pinggir pantai sembari menunggu matahari terbenam. Sekadar catatan, jika Anda ingin berenang atau sekedar bermain air, disarankan untuk lebih berhati-hati karena di pinggir pantai banyak terdapat karang-karang runcing yang dapat membahayakan kaki.

Selain menikmati suasana pantai, Anda juga bisa mengunjungi Pura Batu Bolong dengan jarak tempuh 30 menit dengan berjalan kaki. Pura itu di bangun di atas karang yang terletak di pinggir pantai. Menurut legenda setempat, di pura ini sering diadakan pengorbanan seorang perawan sebagai sajian untuk ikan hiu yang tinggal di pantai. Legenda lain mengatakan bahwa pura ini juga merupakan tempat para wanita menerjunkan dirinya ke laut karena patah hati.

Hal lain yang menarik untuk dilakukan adalah menyusuri Senggigi pada malam hari, khususnya saat purnama tiba. Anda akan menemui banyak orang yang memanfaatkan hangatnya pasir Senggigi untuk terapi kesehatan. Mereka mengubur sebagian atau seluruh tubuh sampai leher selama 2-3 jam. Terapi ini diyakini masyarakat sekitar dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti pegel linu hingga kelumpuhan. Jika tertarik dengan aktivitas ini, Anda dapat ikut bergabung dan mencobanya.

Untuk urusan perut, Anda dapat mencoba kelezatan jenis-jenis hidangan khas Lombok di restoran-restoran yang berjajar rapi di pinggir pantai. Harganya bervariasi mulai dari Rp30.000,00-Rp300.000,00/orang. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas Lombok, yakni Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung. Hampir tiap restoran di pantai ini menyediakannya.

Untuk urusan oleh-oleh, yang paling khas dari daerah ini adalah mutiara dan kain tenun dengan berbagai motif dan warna. Mutiara yang telah dirangkai menjadi perhiasan yang indah dan menawan mata ini banyak di temui di kios-kios pinggir pantai. Namun, jika Anda berkeinginan untuk merangkainya sendiri, Anda bisa membeli butiran mutiara polos.

Beberapa titik wisata yang dapat sekaligus Anda kunjungi adalah 3 pulau (gili) yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, serta Pantai Kerandangan dan Pantai Batu Layar. Batu LAyar adalah tempat suci bagi umat Islam Wetu Telu di Pulau Lombok.

Untuk mencapai Objek Wisata Pantai Senggigi Lombok ini terhitung mudah, ada pelabuhan dan juga bandara di Pulau Lombok. Dari Pulau Bali, Anda dapat menumpangi kapal feri menuju Senggigi dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Untuk mempersingkat waktu, Anda bisa menumpang pesawat dengan waktu tempuh hanya 15 menit.

Selain dari Pelabuhan Karang Asem, Anda juga dapat berangkat dari Pelabuhan Padang Bay di Bali menggunakan kapal feri menuju Pelabuhan Lembar. Sepanjang perjalanan, Anda bisa menikmati panorama alam dan juga melihat ikan lumba-lumba yang saling berkejaran mengikuti kapal. Perjalanan Padang Bay-Lembar memakan waktu sekitar 4 jam. Perjalanan di lanjutkan ke Mataram, kemudian Senggigi dengan dan kendaraan umum lainnya.

Soal penginapan, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat banyak hotel dengan tarif yang berbeda-beda di sekitar pantai. Fasilitas lain yang tersedia adalah restoran, kafe, bar, pasar terbuka, warung suvenir, mushala, toilet umum, dan areal parkir.

Demikianlah rekomendasi Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Pantai Senggigi Lombok Nusa Tenggara Barat pada kesempatan kali ini. Baca juga rujukan Objek Wisata Pantai lainnya yang tidak kalah indah yaitu Objek Wisata Pantai Selat Baru yang terdapat di Bengkalis Riau. Semoga salah satu pantai ini bisa juga menjadi agenda perjalanan wisata Anda dan keluarga berikutnya...