Objek Wisata Pantai Tanjung Benoa Nusa Dua Bali

Pantai Tanjung BenoaSiapa menyangka jika kawasan Pantai Tanjung Benoa yang dulu dikenal sebagai daerah kumuh kini telah menjelma menjadi Objek Wisata Bahari paling lengkap di Pulau Bali. Dipantai yang bersebelahan dengan kawasan Nusa Dua Bali ini sekarang telah menjadi pusat berbagai macam olahraga air, mulai dari jet ski, parasailing, scuba diving, snorkeling, hingga flying fish. Berbagai sarana wisata yang diberi nama wisata tirta Benoa Marine Recreation (BMR) ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas hotel berbintang dan restoran bertaraf internasional.

Kawasan Wisata Pantai Tanjung Benoa merupakan kawasan pantai yang berada di ujung Tenggara Pulau Bali. Lokasinya yang cukup landai dengan ombak yang tenang membuat kawasan ini cocok untuk berbagai olahraga air. Di tempat ini, Anda dapat mencoba berbagai tantangan olahraga air yang mulai di operasikan sejak pukul 08.00-12.00 WITA.

Olahraga pertama yang menarik untuk dicoba adalah mengemudikan jet ski, yaitu kendaraan motor air. Dalam mengemudikan jet ski, Anda akan di dampingi oleh instruktur untuk menghindari kecelakaan. Instruktur biasanya akan mengendarai jet ski dari pinggir pantai hingga ke tengah laut, baru kemudian Anda dapat mengambil alih kemudi untuk mulai beraksi kebut-kebutan di tengah laut. Untuk menghindari tabrakan atau kesalahan fatal lainnya, instruktur tetap akan mendamping dengan cara membonceng di belakang. Harga sewa jet ski ini berkisar antara Rp 200.000,- hingga Rp 250.000,- per 15 menit.

Ada juga banana boat yang dapat di tumpangi oleh 4 orang plus 1 instruktur pendamping. Banana boat merupakan perahu karet tunggal berbentuk pisang yang ditarik oleh speedboat untuk berkliling pantai selama 15 menit. Bila ingin lebih seru, Anda bisa minta kepada instruktur untuk mengarahkan banana boat melawan arus ombak sehingga dapat merasakan sensasi menerjang ombak. Ada permainan memakai payung parasut yang ditarik oleh sebuah kapal cepat (speedboat) yang disebut parasailing.

Anda juga dapat melihat kekayaan laut dengan scuba diving. Scuba diving atau menyelam dengan peralatan lengkap adalah salah satu cara untuk menikmati keindahan Wisata Bawah Laut di Tanjung Benoa secara lebih aman. Setelah diberi materi singkat mengenai teknik penyelaman, Anda dipersilahkan untuk mengenakan pakaian selam dengan tangki oksigen kemudian ditemani oleh instrukturuntuk menyelam di kedalaman 5-7 meter di bawah permukaan laut. Bagi yang sudah berpengalaman, diperbolehkan menyelam hingga puluhan meter. Dibawah laut, Anda dapat menyaksikan kekayaan terumbu karang dan ikanhias warna warni. Jangan lupa membawa potongan roti untuk memberi makan ikan-ikan lucu tersebut.

Cara lain untuk menikmati keindahan bawah laut Objek Wisata Pantai Tanjung Benoa adalah dengan menaiki kapal yang telah dimodifikasi bagian bawahnya menggunakan kaca bening (glass bottom boat). Biasanya menaiki perahu glass bottom ini merupakan satu paket wisata menuju Pulau Penyu (Turtle Island). Dalam perjalanan menuju Pulau Penyu, Anda dapat melihat keanekaragaman hewan bawah laut seperti sedang melihat akuarium raksasa. Anda juga dapat memberikan potongan roti sebagai makanan untuk bermain-main dengan ikan berwarna-warni tersebut.

Wisata Benoa Marine Recreation (BMR) terletak di kelurahan Tanjung Benoa, kecamatan Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.Kawasan wisata ini dapat di tempuh dengan perjalanan selama 20 menit dari Bandara Ngurah Rai dengan menggunakan taksi atau mobil sewaan. Dari objek wisata lain, Tanjung Benoa dapat ditempuh sekitar 35 menit dari Pantai Kuta Bali dan 10 menit dari Pantai Sanur. Untuk keperluan transportasi menuju objek-objek wisata di Bali, Anda dapat memanfaatkan bus-bus pariwisata, agen perjalanan, taksi, maupun persewaan mobil dan motor.

Di Objek Wisata Pantai Tanjung Benoa Nusa Dua ini terdapat kios-kios kecil yang menjual makanan dan minuman kemasan. Di Pulau Penyu pun Anda tak perlu khawatir jika membutuhkan makanan dan minuman, sebab di pulau tersebut banyak dijumpai penjual makanan dan minuman.

Kawasan Tanjung Benoa juga telah dilengkapi dengan berbagai akomodasi dan fasilitas bertaraf internasional, seperti hotel berbintang satu hingga bintang lima, restoran yang menyajikan makanan lokal khas Bali hingga makanan internasional. Di kawasan ini juga telah tersedia berbagai kios cinderamata, minimarket, serta fasilitas untuk spa.

Demikianlah artikel Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Pantai Tanjung Benoa Nusa Dua Bali pada kesempatan kali ini. Baca juga artikel Objek Wisata Pantai sebelumnya tentang Objek Wisata Pantai Senggigi yang terdapat di Lombok Nusa Tenggara Barat. Semoga salah satunya bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya...