Objek Wisata Pantai Tanjung Lesung Pandeglang Banten

Pantai Tanjung LesungPantai ini dinamakan Pantai Tanjung Lesung karena lokasinya berupa daratan yang menjorok ke laut mirip Ujung Lesung. Pantai yang memiliki luas sekitar 150 ha ini resmi dibuka sejak pertengahan Januari 1998. Meski terbilang baru, fasilitas pendukung di kawasan Wisata Pantai Tanjung Lesung ini relatif lengkap.

Panorama alamnya yang indah, pasir putihnya yang halus, dan anginnya yang berhembus pelan membuat kawasan Pantai Tanjung Lesung terasa begitu spesial ketika dikunjungi bersama keluarga atau kolega. Hamparan pasir pantainya yang landai dengan luas mencapai 15 km memberi ruang kepada Anda untuk berjemur, berolahraga, baik sepak bola maupun voli pantai, dan lain sebagainya.

Kawasan Wisata Pantai Tanjung Lesung yang tidak menghadap langsung ke samudera lepas membuat tiupan angin dan deburan ombak kawasaan ini tidak terlalu besar sehingga dapat dengan leluasa berenang, menggunakan jet ski, dan snorkeling. Memancing merupakan aktivitas menarik lainnya karena kawasan ini merupakan rumah bagi banyak ikan.

Bagi Anda yang ingin menikmati kekayaan hayati dan pesona bawah laut yang ada di Objek Wisata Pantai Tanjung Lesung ini, disediakan peralatan menyelam. Dengan menyelam, Anda akan terpukau melihat terumbu karang, ubur-ubur beraneka warna, siput-siput kecil dengan cangkang yang unik, dan berbagai jenis ikan-ikan. Jika ingin mempelajari cara transpalasiterumbu karang, Anda dapat mengunjungi lokasi konservasi yang berada di tengah laut.

Bila bosan berada dipantai, kunjungilah desa wisata yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai pengrajin patung badak bercula satu dan minuman dari daun sirih atau melihat-lihat kehidupan nelayan kampung cipanon. Untuk menikmati keindahan Pulau Liwungan, Anda bisa menyewa speed boat dengan waktu tempuh sekitar 35 menit dari Cipanon. Di pulau seluas sekitar 50 ha dan konon hanya dihuni oleh sepasang suami istri ini, Anda dapat menikmati keindahan Selat Sunda dan juga anak Gunung Krakatau.

Pantai Tanjung Lesung terletak di Desa Tanjung Jaya, kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Anda yang berangkat dari Jakarta, terdapat 2 alternatif rute menuju Pantai Tanjung Lesung:
  • Mengambil rute jalan tol Jakarta-Merak lalu keluar melalui pintu gerbang tol Serang Timur. Setelah melewati Serang, perjalanan dilanjutkan ke arah Pandeglang dan Labuan dan berakhir di Pantai Tanjung Lesung.
  • Mengambil rute jalan tol Jakarta-Merak lalu keluar melalui gerbang tol Cilegon. Perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri pesisir Anyer-Carita lalu kearah Labuan dan berakhir di Pantai Tanjung Lesung. Dari Jakarta menuju Pantai Tanjung Lesung berjarak sekitar 160 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam dengan menggunakan bus atau kendaraan pribadi.
Sejak pertengahan Jni 2003, akses ke kawasan ini semakin mudah karena pemerintah daerah setempat telah mengoperasikan bus Damri setiap harinya dari Serang menuju Pantai Tanjung Lesung.

Jika Anda berniat untuk menginap, di kawasan Pantai Tanjung Lesung terdapat losmen, homestay, wisam, hotel, villa, resort, dan cottage dengan berbagai tipe. Disana juga terdapat warung, rumah makan, dan restoran yang menyediakan berbagai menu. Khusu untuk setiap Sabtu malam, di rumah makan atau restoran sepanjang pantai ini, tersedia hidangan laut segar.

Objek Wisata Pantai Tanjung Lesung Pandeglang ini juga dilengkapi dengan jaringan fiber optik untuk mengakses internet dan jaringan komunikasi baik interlokal maupun internasional. Berbagai fasilitas lainnya juga tersedia di kawasan ini, seperti pusat informasi pariwisata, penjaga pantai, money canger, area parkir yang luas dan aman, banana boat, glass bottom boat, snorkeling, sea kayak, lapangan golf mini, kolam renang, kolam pemancingan, taman, shelter, kios wartel, arena bermain anak-anak, serta oleh-oleh dan cindera mata, serta persewaan perahu dan speed boat untuk mengelilingi pantai.

Demikianlah artikel Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Pantai Tanjung Lesung Pandeglang Banten pada kesempatan kali ini. Baca juga referensi Objek Wisata Pantai sebelumnya tentang Objek Wisata Pantai Tanjung Benoa yang berdeatan dengan kawan Nusa Dua Bali. Semoga salah satunya bisa menjadi referensi kamu untuk dikunjungi. Salam wisata!