Objek Wisata Pemandian Air Panas Banyuwedang Buleleng Bali

Pemandian Air Panas BanyuwedangBuleleng ternyata menyimpan potensi wisata alam yang sangat banyak. Salah satu wisata alam Buleleng yang sekarang sedang berkembang yakni Pemandian Air Panas Banyuwedang. Bila anda sudah pernah mendengar wisata pemandian air panas alam atau air panas banjar di kecamatan Banjar, Wisata Pemandian Banyuwedang ini terletak di bagian barat Buleleng yakni di kecamatan Gerokgak.

Kawasan Wisata Pemandian Air Panas Banyuwedang ini terletak sekitar 60 km dari ibukota kabupaten Singaraja dengan waktu tempuh 1,5 jam atau sekitar 140 km dari Denpasar bila mengambil rute tempuh Denpasar-Bedugul-Singaraja lalu kearah Gilimanuk. Kawasan wisata air panas Banyuwedang ini tepat berada di jalur Singaraja – Gilimanuk di Desa Pejarakan pinggiran perbatasan kawasan Taman Nasional Bali Barat.

Air panas yang terdapat di Objek Wisata Pemandian Air Panas Banyuwedang ini merupakan pemandian air panas yang mengandung belerang dan hampir sama dengan pemandian air panas banjar yang terletak di kecamatan banjar. Namun, yang unik dari pemandian air panas Banyuwedang ini adalah letaknya yang dipinggir laut dan seolah-olah air laut berubah menjadi kolam air panas raksasa dengan suhu 40ยบ Celcius dengan kandungan mineral belerang yang cukup tinggi.

Lokasi Objek Wisata Pemandian Air Panas Banyuwedang Buleleng ini juga di kelilingi oleh hutan bakau yang dapat menahan abrasi pantai. Selain berada di tepi laut kawasan ini di sebelah utaranya berbatasan dengan kawasan Batu Ampar dan merupakan daerah tanah berkapur yang oleh Pemerintah Daerah Tingkat II Buleleng akan dikembangkan sebagai kawasan wisata baru, mengingat adanya potensi daya tarik yang sangat besar, di antaranya dengan adanya Taman Laut di sekitar Pulau Menjangan.

Air dengan kandungan belerang seperti yang kita ketahui telah lama dipercaya sebagai salah satu obat tradisional yang dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit maka tak heran kebanyakan pengunjung yang datang ke pemandian air panas Banyuwedang bertujuan untuk berobat. Akan tetapi meskipun Anda tidak mengalami masalalah dengan penyakit kulit, Anda tetap bisa berkunjung ke Banyuwedang sekedar menikmati mandi air panas alami untuk melepas lelah dari kepenatan pekerjaan Anda.

Air panas Banyuwedang sebenarnya bersumber di pantai serta berada di bawah air pada saat air laut sedang pasang. Sumber air panas yang muncul jumlahnya sangat besar sehingga dibuat sebuah bangunan beton pengaman yang berbentuk lingkaran yang berfungsi sebagai tanggul. Tanggul tersebut dibuat agar pada saat air laut pasang sumber air panas tersebut tidak tercampur dengan air laut. Karena memiliki kandungan belerang yang tinggi maka bau dari air ini juga cukup menyengat, lebih menyengat daripada bau belerang di air panas Banjar.

Objek Wisata Pemandian Air Panas Banyuwedang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat menunjang seperti areal parkir yang luas serta beberapa warung yang menjajakan berbagai makanan dan minuman serta toilet umum. Seperti tempat pemandian air panas pada umumnya, pemandian air panas Banyuwedang juga dilengkapi dengan kolam sebagai tempat berenang. Bagi anda yang tidak ingin berenang juga disediakan kamar mandi tertutup sehingga bisa mandi air panas melalui keran pancuran di setiap kamar mandi sehingga Anda akan merasa seperti sedang mandi air panas di kamar mandi sendiri dan kamar mandi ini letaknya terpisah antara kamar mandi pria dan wanita.

Kawasan wisata air panas Banyuwedang juga sangat yang tepat bagi Anda yang ingin melarikan diri dari keramaian kota karena air panas Banyuwedang ini berada di daerah yang masih jarang penduduknya sehingga sangat tenang dan jauh dari kebisingan kota serta terletak agak kepinggir dari jalan raya.

Daerah Banyuwedang ini merupakan daerah yang kering dan gersang dengan tanah kapur sehingga tanaman yang tumbuh disini hanyalah tanaman yang dapat hidup di daerah yang kering dan tidak memerlukan banyak air. Nah bila Anda sedang menuju ke Gilimanuk melalui Singaraja tidak ada salahnya untuk mencoba mampir dan menikmati mandi dengan air panas alami di Banyuwedang.

Demikianlah artikel Objek Wisata Alam Indonesia tentang keindahan Objek Wisata Pemandian Air Panas Banyuwedang Buleleng Bali pada kesempatan kali ini. Baca juga Wisata Pemandian Air Panas sebelumnya tentang Pemandian Air Panas Pancuran 7 yang terdapat di Baturaden. Semoga salah satu objek wisata ini bisa menjadi tujaun wisata Anda berikutnya...