Objek Wisata Pulau Sangiang Serang Banten

Pulau SangiangSeven Wonders of Banten (Tujuh Keajaiban Banten) merupakan julukan bagi kawasan Taman Wisata Alam Pulau Sangiang. Selain sebagai tempat wisata yang menarik, kawasan ini juga menjadi tempat bagi kepentingan penelitian dan pengembangan kekayaan hayati bagi ilmuwan, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum.

Sebelumnya, Objek Wisata Pulau Sangiang merupakan kawasan cagar alam dengan luas areal sekitar 700,35 ha. Namun, mengingat letak geografis yang strategis dan kekayaan hayati yang melimpah, pemerintah pusat kemudian menetapkannya sebagai taman wisata alam dengan luas 1.420,35 ha. Terdiri dari dataran seluas 700,35 ha dan taman laut seluas 720 ha.

Udaranya yang sejuk dan segar, pepohonan yang hijau dan rindang, serta diiringi kicauan beraneka burung, menjadikan Taman Wisata Alam Pulau Sangiang tepat sekali sebagai tempat rekreasi yang menyaksikan bersama keluarga atau kolega.

Pada sisi barat laut dan selatan pulau serta di sepanjang Pantai Batu Mandi dan Gunung Gede, merupakan kawasan wisata alam yang menantang dan sekaligus mengasyikan. Kawsannya yang luas dan didukung oleh medan yang beragam, memberi cukup ruang kepada Anda untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti olahraga lintas alam, mendaki gunung, menyusuri lembah, bersepeda, berkemah, memotret, serta menikmati panorama pantai yang landai dan curam.

Bagi peminat scuba diving, snorkeling, berjemur, memancing, berperahu, serta melihat keindahan terumbu karang dan taman laut dengan glass bottom boat, dianjurkan mengunjungi kawasan Tanjung Raden, Legon Waru, dan perairan laut selatan yang terdapat di pulau ini. Dari kawasan ini, juga terlihat lalu-lalang kapal feri Merak-Bakauhuni dan kesibukan kapal dagan di tepi pantai Cilegon.

Untuk menikmati wisata sejarah, Anda dapat mendatangi kawasan di sekitar pos TNI Angkatan Laut. Di sana, Anda dapat menyaksikan sisa-sisa peninggalan perang dunia kedua, seperti meriam dan benteng pertahanan tentara Jepang.

Taman Wisata Alam Pulau Sangiang terletak di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Indonesia. Untuk mengunjungi Objek Wisata Pulau Sangiang ini, dari kota Serang, Anda pengunjung dapat naik bus atau kendaraan pribadi menuju arah Cilegon. Kemudian, perjalanan dilanjutkan menuju Anyer dan berhenti di kawasan Pantai Manuk di Desa Cikoneng. Dari Pantai Manuk, perjalanan di lanjutkan dengan naik kapal atau perahu motor ke Pulau Sangiang dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Di kawasan Taman Wisata Alam Pulau Sangiang juga terdapat bebagai fasilitas lainnya, seperti pusat informasi pariwisata, pemandu wisata, pos jaga, polisi hutan, camping ground yang luas dan aman, pesanggrahan, persewaan peralatan untuk menyelam, dermaga, serta persewaan perahu dan speed boat untuk mengelilingi pulau.

Itulah salah satu Objek Wisata Alam Indonesia yang perlu Anda kunjungi, yaitu Objek Wisata Pulau Sangiang Serang Banten. Bandingkan juga dengan Objek Wisata Pulau sebelumnya yang tidak kalah indah, yaitu Objek Wisata Pulau Samalona yang terdapat di Makassar Sulawesi Selatan. Semoga salah satu pulau ini bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya...