Objek Wisata Pulau Saronde Gorontalo

Pulau SarondePulau Saronde merupakan pulau kecil tak berpenghuni yang mengandalkan potensi pesona alam dan budaya. Pulau cantik yang terletak di Utara Teluk Kwandang inimulai dikenal luas karena mampu memikat hati turis domestik maupun mancanegara. Wisatawan asing dari Filipina sering mencicipi keindahan pulau ini, mengingat kawasan ujung utara Pulau Sulawesi memang berdekatan dengan pulau-pulau di kawasan Filipina.

Kawasan Wisata Pulau Saronde dipromosikan sebagai salah satu potensi wisata kabupaten Gorontalo Utara kerena memiliki keindahan alam yang masih sangat alami. Perairan di sekitar Pulau Saronde dikenal bersih dan tidak tercemari oleh sampah-sampah industri sehingga sangat layak untuk berbagai kegiatan air. Mengunjungi pulau ini, Anda tak perlu khawatir kehabisan agenda wisata, sebab Anda bisa melakukan berbagai aktifitas wisata, seperti berenang, berselancar, menyelam, snorkeling, dan ski air.

Masyarakat di sekitar Objek Wisata Pulau Saronde juga dikenal memiliki tradisi yang unik. Pada waktu-waktu tertentu, mereka sering mengadakan lomba adu cepat katinting (perahu bermesin diesel) mengelilingi pulau. Pada perlombaan ini, para pesertanya tidak hanya warga yang berasal dari pulau-pulau di sekitar pulau, melainkan juga warga dari kecamatan Kwandang lainnya. Dalam satu kali perlombaan, peserta berjumlah antara 5-6 perahu. Setelah beradu cepat mengelilingi sebuah pulau yang ditentukan, maka perahu yang lebih dahulu mencapai garis finis dianggap sebagai pemenangnya. Waktu penyelenggaraan adu cepat perahu tradisional ini merupakan salah satu momen keramaian di Kecamatan Kwandang. Di tengah-tengah penyelenggaraan lomba, Anda dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat atau menikmati berbagai hiburan dan jajanan khas Gorontalo.

Di Pulau Saronde sendiri setiap tahun diadakan sebuah festival budaya dengan nama Destival Saronde. Dalam festival yang diadakan setiap bulan Juli ini diadakan berbagai perlombaan, seperti lomba perahu hias tradisional, balap katinting, lari pantai sejauh 100 m, voli pantai, memancing, kemah wisata remaja, Pemilihan Puteri Saronde, pemilihan beach boy, dan berbagai pertunjukkan hiburan lainnya. Perhelatan berbagai perlombaan dan pentas seni hiburan biasanya diadakan selama 2 hari.

Secara administratif, Objek Wisata Pulau Saronde merupakan wilayah dari Desa Ponelo, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa menumpang pesawat dengan rute Jakarta-Palu-Gorontalo, Manado-Gorontalo, maupunn Makassar-Gorontalo. Jika Anda memilih jalur laut, kapal akan berlabuh di Pelabuhan Gorontalo atau Pelabuhan Anggrek Kwandang. Kapal penumpang seperti KM Umsini, KM Kambuna, KM TIlongkabil, serta KM Awu menyinggahi kedua pelabuhan laut tersebut.

Jika Anda memilih jalur darat, Anda dapat menempuh perjalanan dari kota-kota utama di Pulau Sulawesi, seperti Manado, Bitung, Kotamobagu, Palu, Poso, Parepare, atau Makassar dengan menggunakan bus besar atau Bus Damri. Di Gorontalo terdapat dua terminal, yaitu terminal 1942 di Kota Gorontalo dan Terminal Isimu di Kabupaten Gorontalo.

Baik dari bandara, pelabuhan, maupun terminal, Anda dapat menggunakan jasa bus, mikrolet, bentor (bendi motor), atau mobil sewaan untuk menuju pelabuhan Kota Kwandang. Jarak antara Gorontalo dan Teluk Kwandang sekitar 50 km. Setelah sampai di Pelabuhan Kwandang, perjalanan dilanjutkan dengan menumpang perahu besar menuju Pulau Saronde dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Pulau Saronde belum memiliki fasilitas yang cukup memadai, terutama untuk akomodasi seperti penginapan dan air bersih. Apabila ingin menginap di Pulau Saronde, Anda dapat memanfaatkan tenda untuk berkemah.

Jika memerlukan penginapan yang lebih memadai, Anda dapat memperolehnya di Kota Kwandang. Di kota ini, Anda pun dapat sekaligus mencari berbagai suvenir dan menikmati menu-menu masakan khas Gorontalo.

Demikianlah artikel Objek Wisata Alam Indonesia tentang keindahan panorama alam Objek Wisata Pulau Saronde Gorontalo pada kesempatan kali ini. Baca juga referensi Objek Wisata Pulau sebelumnya tentang Objek Wisata Pulau Sangiang yang ada di Serang Banten. Semoga salah satu pulau ini bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya...