Objek Wisata Pulau Weh Sabang Banda Aceh

Pulau WehPulau Weh merupakan pulau paling barat Pulau Sumatera. Di sekitar pulau ini, terdapat banyak pantai, diantaranya Pantai Kasih, Pantai Tapak Gajah, Pantai Sumur Tiga, Pantai Ujung Kareung (Ujung Karang) yang sering digunakan sebagai tempat memancing, dan Pantai Anoi Itam dengan keindahan pasir hitamnya. Dari sekian banyak pantai yang ada, kegiatan wisata bahari yang populer di Pulau Weh berada di Pantai Gapang dan Iboih yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Sebagai informasi, Kota Sabang di Pulau ini.

Kawasan Wisata Pulau Weh atau sering juga disebut dengan Pulau Sabang, memiliki keistimewaan karena memiliki beragam objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Seperti Pantai Iboih yang berada di desa Iboih merupakan pantai yang paling populer, yang berjarak sekitar 6 km dari Tugu KM-0 (0 kilometer ). Warna lautnya yang hija, menampilkan keindahan yang mempesona yang menjadi surga bagi para penyelam. Dari Iboih terlihat jelas panorama keindahan Pulau Rubiah. Jaraknya sekitar 150 m. Para wisatawan dapat berenang ke pulau tersebut, namun bagi wisatawan yang tidak dapat berenang, tidak perlu khawatir karena disediakan tali tambang untuk tempat bergelayut di dalam laut hingga ke tengah.

Luas Pulau Rubiah sekitar 2.600 ha. Pualu ini terkenal dengan keindahan taman lautnya yang mendunia, setara dengan keindahan taman laut Maladewa (long Island), diperairan Maluku, perairan Bunaken, dan Nusa Penida di Bali. Bahkan, pulau ini dianggap lebih unggul karena memiliki keanekaragaman biota laut, seperti ganggang, terumbu karang, ikan bulu ayam, kima raksana, dan ketam kelapa.

Objek Wisata Pulau Weh Sabang terletak sekitar 32 km dari Banda Aceh, Provinsi NangroeAceh Darussalam. Dari Pelabuhan Ulee Lheue di Banda Aceh, Pulau Weh dapart dicapai dengan menggunakan kapal cepat dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan harga tiket sebesar Rp 85.000,-untuk VIP. Apabila menggunakan transportasi udara, dari Banda Aceh dapat ditempuh tidak lebih dari 120 menit.

Dari Pantai Iboih pengunjung dapat menikmati keindahan panorama bahari di Pulau Rubiah dengan menyewa SpeedBoat sebesar Rp 200.000,- untuk mengelilingi pulau atau sekedar untuk antar-jemput dari Iboih ke Rubiah dengan biaya sebesar Rp 100.000,-. Di Pantai Iboih juga disediakan fasilitas sewa peralatan sekali pakai, snorkeling sebesar Rp 10.000,- dengan hanya memberi jaminan kartu identitas.

Selain itu, di Pantai Gapang terdapat operator diving terbesar yang menyediakan fasilitas memandu ke lokasi penyelaman dengan biaya sebesar 20 USD maupun fasilitas kursus singkaty bagi pemula yang ingin menyelam dengan biaya sebesar 225 USD. Jika Anda ingin menginap, terdapat banyak tempat penginapan di sekitar Sabang dan Pulau Rubiah dengan berbagai tipe dan tarif.

Demikianlah artikel Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Pulau Weh Sabang Banda Aceh pada kesempatan kali ini. Baca juga artikel Objek Wisata Pulau sebelumnya tentang Objek Wisata Pulau Umang yang terdapat di Pandeglang Banten. Semoga bisa menjadi referensi wisata Anda...