Objek Wisata Air Terjun Banyu Tibo Gunung Kidul Yogyakarta

Air Terjun Banyu TiboAir Terjun Banyu Tibo merupakan air terjun yang tersembunyi di balik dataran tinggi. Terletak di daerah perbatasan antara Semin dan daerah Wonogiri, Jawa Tengah. Akses jalan yang cukup menantang karena naik turun dan belum ada petunjuk ke lokasi ini, menjadikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung ketika mencoba mencapai kawasan Wisata Air Terjun Banyu Tibo ini.

Untuk mencapai lokasi Objek Wisata Air Terjun Banyu Tibo ini, bisa Anda tempu dengan dengan kendaraan dari Kota Yogyakarta. Rute yang diambil adalah dari Yogyakarta kearah Piyungan-Gunung Kidul-Wonosari-Karangmojo-Semin. Setelah sampai di Kecamatan Semin, Anda perlu bertanya kepada penduduk sekitar tentang lokasi Air Terjun Banyu Tibo ini.

Tempat terdekat untuk mencapai lokasi Objek Wisata Air Terjun Banyu Tibo ini tetap harus dilalui dengan jalan kaki melewati jalan setapak di pemantang sawah yang cukup elok hijaunya. Melewati jalur ini memang tidak memungkinkan menggunakan kendaraan, termasuk sepeda sekalipun. Terkecuali bagi Anda yang sudah hapal medannya. Oleh karena itu, tidak ada pilihan lain kecuali dengan jalan kaki. Namun perjalanan Anda tidak akan sia-sia. Karena pemandangan sekitar dengan hamparan sawah menjadi daya tarik tersendiri.

Selama dalam perjalanan dengan jalan kaki menuju Objek Wisata Air Terjun Banyu Tibo Gunung Kidul ini kita juga akan melewati sawah-sawah teras siring, udara yang sangat sejuk, dan pemandangan yang begitu alami. Sambil menyusuri parit kecil di lereng pegunungan akhirnya Anda akan sampai di Air Terjun Banyu Tibo ini.

Sedikit tips bagi Anda yang ingin mengunjungi Objek Wisata Air Terjun Banyu Tibo ini adalah dengan bertanya kepada warga sekitar, khususnya di tempat Anda menitipkan kendaraan Anda di Semin. Biasanya ada sedikti petunjuk yang bisa di dapat dari penduduk setempat yang sudah pernah mencapai air terjun ini. Juga, siapkan kondisi fisik dan jiwa petualangan Anda saat mengunjungi air terjun ini.

Demikianlah sedikit informasi Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Air Terjun Banyu Tibo Gunung Kidul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Simak juga keindahan Objek Wisata Air Terjun sebelumnya yaitu Air Terjun Grojogan Watu Jonggol yang terdapat di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Semoga salah satu tempat wisata ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...