Objek Wisata Air Terjun Grojogan Watu Jonggol Kulon Progo Yogyakarta

Air Terjun Grojogan Watu JonggolAir Terjun Grojogan Watu Jonggol Terletak di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Grojogan Watu Jonggol berada di ketinggian 900 mdpl yang terletak di pegunungan Menoreh di dalam kawasan Desa Wisata Nglinggo. Air Terjun Grojogan Watu Jonggol ini memilki ketinggian sekitar 60 m.

Selain kawasan Wisata Air Terjun Grojogan Watu Jonggol, di kawasan ini juga terdapat dua air terjun lagi yaitu Kedung Cumpleng dan yang satunya biasa disebut Curug Nglinggo. Untuk menuju ke lokasi ke dua air terjun ini cukup sulit. Para pengunjung harus melewati jalan setapak dan menuruni lembah yang dalam. Hanya ke lokasi Grojoran Watu Jonggol saja yang mudah di akses karena sudah dibuatkan jalan setapak.

Objek Wisata Air Terjun Grojogan Watu Jonggol berjarak sekitar 42 km dari Yogyakarta. Kondisi jalan menuju ke Objek Wisata Air Terjun ini sudah baik. Jalan sudah diberi aspal mulus hingga di desa Pagerharjo. Hal ini makin membuat objek wisata ini makin mudah untuk dikunjungi.

Perjalanan dari Yogjakarta dengan mgambil arah ke barat melalui jalan Godean hingga tiba di perempatan setelah kali Progo. Dari perempatan ini (Nanggulan) ambil ke arah utara kira-kira 6 km hingga sampai di perempatan Dekso. Di perempatan ini ambil ke kiri (ke arah barat) ikuti jalan tersebut kira-kira 15 km hingga tiba di terminal kecil atau pasar Plono.

Perjalanan dilanjutkan, dari terminal pasar Plono ini ambil belokan ke kanan ke arah desa Nglinggo. Ikuti jalan tersebut sekitar 3 km hingga dijumpai papan peta wisata Nglinggo. Selanjutnya akan dijumapi pertigaan lalu belok kiri masuk jalan kampung berbatu hingga tiba di depan papan Grojogan Watu Jonggol. Dari sini turun ke jalan setapak yang cukup curuam dan licin kira-kira sejauh 100 m hingga tiba di lokasi Objek Wisata Air Terjun Grojogan Watu Jonggol Kulon Progo berada.

Demikianlah Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Air Terjun Grojogan Watu Jonggol Kulon Progo Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan Objek Wisata Air Terjun sebelumnya tentang Objek Wisata Air Terjun Tlogo Muncar atau Air Terjun Kaliurang yang terdapat di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Semoga salah satu tempat wisata ini bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya...