Objek Wisata Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang Sleman Yogyakarta

Air Terjun Tlogo Muncar KaliurangAir Terjun Tlogo Muncar, atau yang lebih dikenal dengan nama Air Terjun Kaliurang berada di kawasan wisata Kaliurang, Sleman di lereng gunung Merapi. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30-45 meter dan berada pada ketinggian 878 m di atas permukaan laut (dpl) dengan suhu antara 20-25 derajat celcius. Sumber mata air terjun ini berada di lereng Bukit Plawangan. Sayangnya saat musim kemarau biasanya air terjunnya mengalami kekeringan, hal ini dikarenakan debit airnya sangat kecil.

Secara administratif, kawasan Wisata Air Terjun Tlogo Muncar terletak di Desa Hargo Binangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak 28 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Dapat ditempuh dengan kendaraan baik roda dua atau empat bahkan bis wisata, dengan kondisi jalan beraspal mulus hingga pintu gerbang wisata Kaliurang.

Setelah memarkirkan kendaraan di areal parkir, perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki masuk ke lokasi Objek Wisata Air Terjun Tlogo Muncar berada. Jarak dari area parkir, setelah melewati loket masuk air terjun, ke air terjun sekitar 500 m melalui jalan setapak yang sudah dibuatkan dari batu bersusun rapi. Kita juga dapat menikmati dinginnya air terjun yang dinamakan dengan air terjun Tlogo Muncar. Sayangnya saat musim kemarau biasanya air terjunnya mengalami kekeringan.

Di Kaliurang terdapat tempat wisata yang mungkin paling sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu Tlogo Putri. Di Tlogo Putri kita akan menjumpai berbagai pengalaman yang menarik, udara sejuk akan sangat terasa saat kita berada disana. Setelah kita masuk ke dalam hutan wisata, kemungkinan akan disambut oleh beberapa ekor monyet yang banyak terdapat di kawasan ini.

Jika sudah puas menikmati keindahan Objek Wisata Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang yang ada di bawah bukit, tidak ada salahnya jika kita mencoba menaiki bukit yang tidak terlalu tinggi tapi cukup membuat kaki Anda pegal-pegal. Namun hal ini terbayarkan setelah Anda berada diatasnya sambil menikmati pemandangan yang ditawarkan oleh kawasan wisata ini.

Bagi yang ingin bermalam di kawasan Objek Wisata Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang Sleman ini tidak perlu khawatir, karena ada banyak sekali penginapan-penginapan yang disewakan, dari mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu permalam ada disana. Tesedia fasilitas yang cukup lengkap antara lain, Taman Rekreasi anak, kolam renang Tlogo Putri (sayangnya kurang terawat), camping ground, dan hutan wisata. Selain itu cukup banyak wahana hiburan seperti kereta api mini dari mobil yang digandeng di areal parkir.

Demikianlah sedikit informasi Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang Sleman Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Baca juga info Objek Wisata Air Terjun sebelumnya tentang Objek Wisata Air Terjun Jogan yang terdapat di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga salah satu destinasi wisata alam ini bisa menjadi kunjungan wisata Anda berikutnya...