Objek Wisata Air Terjun Jogan Gunung Kidul Yogyakarta

Air Terjun JoganAir Terjun Jogan terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Keunikan Air Terjun Jogan adalah aliran terjunan airnya masuk ke laut sekitar 10 m dari bibir pantai. Ketinggian air terjun ini hanya sekitar 10 m saja dengan sumber airnya berasal dari perbukitan karst di sebelah utara.

Nama Jogan yang disematkan pada air terjun ini diambil dari nama pantai dimana air terjun ini berada. Adapun pantai ini ada di sebelah barat Pantai Nglambor dan Pantai Siung atau di sebelah timur Pantai Timang.

Kawasan Wisata Air Terjun Jogan berjarak sekitar 70 km dari kota Yogyakarta yang dapat ditempuh sekitar 2 jam berkendara. atau 200 m ke arah barat Pantai Siung. Kondisi jalan menuju ke sana beraspal mulus. Sesampainya di dekat lokasi Pantai Jogan, kondisi jalan berubah dengan cor blok sekitar 1 km jauhnya. Dapat diakses dengan kendaraan roda dua dan empat.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Objek Wisata Air Terjun Jogan, dari Kota Yogyakarta arahkan kendaraan menuju Wonosari dengan jalur Yogyakarta-Wonosari. Sesampainya di daerah Mulo akan ditemui pertigaan, ambil ke arah kiri munuju pantai. Ikuti jalan tersebut hingga tiba di daerah Tebus. Sesampainya di daerah ini akan ditemui papan petunjuk arah menuju Pantai Siung, ambil belokan ke kanan hingga tiba di pertigaan jalan menuju ke Pantai Jogan. Di pertigaan ini ambil arah ke kanan memasuki jalan yang di semen.

Jika menggunakan kendaraan umum, dari kota Yogyakarta naik kendaraan umum ke Terminal Wonosari dilanjutkan dengan berganti angkutan ke arah Tepus atau Pantai Siung. Jika belum dinaikkan oleh pihak pengelola, tiket masuk adalah Rp 3000 per orang dan sudah termasuk tiket ke Pantai Siung. Sedangkan ongkos parkir Rp 2000.

Fasilitas yang ada di Objek Wisata Air Terjun Jogan Gunung Kidul ini masih terbilang minim. Disini hanya dapat ditemui tempat parkir saja itupun tidak begitu luas. Beberapa warung penjual makanan dan minuman juga belum terlalu banyak. Namun, hal ini sama sekali tidak menutupi keindahan panorama Objek Wisata Air Terjun Jogan di Gunung Kidul ini.

Demikianlah sedikit informasi Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Air Terjun Jogan Gunung Kidul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Baca juga info Objek Wisata Air Terjun sebelumnya tentang Objek Wisata Air Terjun Sidoharjo yang terdapat di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Semoga salah satu destinasi wisata alam ini bisa menjadi kunjungan wisata Anda berikutnya...