Objek Wisata Air Terjun Singsing Bululeng Bali

Air Terjun SingsingBagi Anda yang ingin me-refresh pikiran dengan keindahan alam yang begitu alami saat berkunjung ke Bali, selain pantai maka air terjun bisa menjadi salah satu tempat yang patut Anda kunjungi. Salah satu Air Terjun Bali yang kami rekomendasikan adalah Air Terjun Singsing.

Secara administratif, kawasan Wisata Air Terjun Singsing terletak di Banjar Labuhan Haji, yang mana termasuk dalam wilayah Desa Temukus, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Pulau Bali – Indonesia. Berjarak sekitar 3 km saja dari objek wisata Pantai Lovina dan berjarak 15 km dari Ibukota Kabupaten Singaraja atau bisa ditempuh dengan waktu sekitar 20 menitan. Memang cukup jauh jika ditempuh dari Kota Denpasar yakni sekitar 93 km atau 2,5 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Jika ditempuh dengan kendaraan bermotor, maka terlebih dulu akan sampai di Desa Tigawarsa. Dari desa ini pengunjung akan dituntun oleh penunjuk arah khusus yang menuju ke Objek Wisata Air Terjun Singsing dengan berjalan kaki sejauh sekitar 600 meter. Jarak tempuh 600 meter itu untuk mencapai air terjun yang pertama. Sedangkan untuk menjangkau air terjun keduanya yang letaknya lebih tinggi dari air terjun pertama, maka setiap pengunjung harus berjalan kaki lagi melewati jalan setapak yang nampak sedikit terjal dan menanjak.

Bagi Anda yang kebetulan sedang mengunjungi Pantai Lovina, maka sayang sekali jika tidak mampir ke Objek Wisata Air Terjun Singsing ini. Jarak Air Terjun Singsing dengan panttai tersebut hanya beberapa kilometer saja. Dari perbukitan Air Terjun singsing, Anda menikmati hamparan pasir Pantai Lovina. Keadaan tersebut tentu semakin menambah daya pesona bagi wisatawan dimana selain bisa menyaksi indahnya air terjun dari ketinggian juga bisa sekalian melihat hamparan pasir di Pantai Lovina tersebut.

Air terjun yang ada di Objek Wisata Air Terjun Singsing Bululeng ini memang tidaklah terlalu tinggi, hanya berketinggian beberapa meter saja, namun tetap saja suara gemericik airnya yang jatuh ke sungai yang ada dibawahnya mampu mencipta imaji dan impresi siapapun yang melihatnya. Banyak pengunjung yang mandi atau sekadar bermain air di sungai kecil yang menampung air yang jatuh dari ketinggian. Mereka juga tak lupa untuk mengabadikan momen langka dan indah tersebut.

Sedangkan tidak jauh dari Air Terjun Singsing ini terdapat sebuah monumen peninggalan dimasa silam yang disebut dengan Monumen Belanda. Monumen ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang dibangun pemerinatahan kolonial untuk memperingati gugurnya seorang perwira Belanda yang telah gugur dalam Perang Banjar yang terjadi pada tahun 1868.

Demikianlah Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Air Terjun Singsing Bululeng Bali pada kesempatan kali ini. Baca juga keindahan Objek Wisata Air Terjun sebelumnya yaitu Objek Wisata Air Terjun Banyu Tibo yang terdapat di wilayah Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga salah satu air terjun ini bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya...