Objek Wisata Pantai Ngandong Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai NgandongDaerah Gunung Kidul Yogyakarta termasuk salah satu kabupaten di wilayah Yogyakarta yang memiliki banyak pantai dengan potensi wisata yang cukup baik. Salah satunya adalah Pantai Ngandong.

Lokasi Pantai Ngandong terletak di sebelah barat Pantai Sundak yang berjarak kira-kira 8 km dari pos restribusi. Sedangkan Pantai Sundak sendiri berada di desa Sidoharjo Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk dapat sampai ke Pantai Ngandong, anda dapat memarkir kendaraan terlebih dahulu di Pantai Sundak, kemudian berjalan kaki menuju Pantai Ngandong.

Kebanyakan pengunjung tidak menyadari bila ada Pantai lain diseberang Pantai Sundak sehingga kawasan Wisata Pantai Ngandong masih sepi karena letaknya tidak langsung berhadapan dengan jalan beraspal. Jadi, jika anda ingin pergi ke Pantai Ngandong, sebelum anda sampai di parkiran, anda dapat berbelok kekanan melewati jalanan berbatu yang jaraknya sekitar 100 meter.

Satu hal yang menarik dari Objek Wisata Pantai Ngandong adalah karena Pantai ini diapit oleh dua Pantai, yaitu Pantai Sundak dan Pantai Krakal. Anda hanya perlu menyusuri tepi Pantai bila anda berada di Pantai Sundak atau di Pantai Krakal dan melewati bukit yang memisahkan masing-masing Pantai. Di tengah-tengah kedua Pantai inilah Pantai Ngandong berada dengan view yang sangat menawan dan tidak kalah dengan kedua Pantai yang terlebih dahulu dikenal oleh masyarakat luas.

Jika perjalanan anda dimulai dari Yogyakarta, diperlukan waktu sekitar 2 jam hingga 2,5 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan, anda dapat menikmati pemandangan khas daerah Gunungkidul, yaitu pemandangan yang cantik berupa bukit kapur berwarna putih. Sedangkan infrastruktur untuk sampai ke Pantai Ngandong dan juga Pantai Sundak yang letaknya bersebelahan pun cukup nyaman karena sudah diaspal dengan baik.

Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola Pantai Ngandong untuk para wisatawan. Misalnya, anda dapat menikmati pemandangan dan keindahan Pantai dengan duduk di kursi yang memang sengaja disediakan oleh para pemilik warung yang berdagang di tepi Pantai. Dengan begitu, anda pun dapat mengawasi putera-puteri anda yang sedang bermain dan berenang di Pantai dengan airnya yang tenang.

Fasilitas lain yang dapat anda peroleh saat anda berkunjung ke Objek Wisata Pantai Ngandong Gunung Kidul ini adalah penginapan satu rumah, yang terdiri dari empat kamar dan juga rumah panggung dengan AC didalamnya. Rumah panggung ini berada di bibir Pantai sehingga sangat mengasyikan untuk menikmati keindahan dalam mengeksplorasi Pantai Ngandong. Satu hal lagi yang perlu anda tahu adalah bahwa sinyal telepon di kawasan Pantai Ngandong masih lemah. Jadi, bila anda ingin berkomunikasi dengan dunia luar, anda perlu naik ke bukit agar bisa mendapatkan sinyal operator telepon seluler.

Demikianlah artikel Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Pantai Ngandong Gunung Kidul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan Objek Wisata Pantai sebelumnya yang tidak kalah indahnya yaitu Objek Wisata Pantai Panjang Putri Gading Cempaka yang terdapat di Bengkulu. Semoga salah satu pantai ini bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya...