Objek Wisata Gunung Maras Pulau Bangka

Gunung MarasObjek Wisata Gunung Maras Pulau Bangka ---Apakah nama gunung tertinggi di Pulau Bangka? Jawabannya Adalah Gunung Maras, atau lebih tepatnya di sebut Bukit Maras. Gunung Maras merupakan gunung tertinggi di Pulau Bangka. Terletak di kampung Rambang, Kabupaten Bangka. Dari kota Sungailiat, Gunung Maras dapat ditembuh dengan jarak sekitar 70 km. Sementara dari kota Belinyu, Gunung Maras hanya berjarak sekitar 35 km.

Salah satu Objek Wisata Alam yang bisa dinikmati di kawasan Wisata Gunung Maras adalah Air Terjun di Kaki Gunung Maras. Di kaki Gunung Maras terdapat air terjun kecil yang tidak mempunyai nama dengan ketinggian hanya beberapa meter. Meskipun demikian air terjun di kaki gunung Maras ini tidak pernah kering walaupun pada musim kemarau.

Biasanya mereka yang ingin mendaki Objek Wisata Gunung Maras ini akan berhenti dulu sejenak di lokasi air terjun ini untuk melepas lelah. Air terjun yang mengalirkan air yang sejuk dapat digunakan untuk membasuh muka dan leher agar terasa lebih segar. Suara air mengalir juga dapat menenangkan pikiran bagi mereka yang sedang beristirahat di sekitar air terjun.

Mitos keberadaan "Bulu Perindu" menjadi salah satu daya tarik Objek Wisata Gunung Maras ini. Berdasarkan cerita, buluh perindu ini bisa mengeluarkan suara merdu. Jika ada burung yang lewat dan mendengarkan suara tersebut, katanya akan terjatuh. Sementara kalau manusia yang mendengarkannya, katanya lagi orang tersebut bisa tersesat di gunung Maras. Tapi jangan khawatir, selama menjaga pepohonan di gunung ini dan tidak mengganggu hewan yang hidup disana, maka anda akan baik-baik saja.

Akses Menuju Objek Wisata Gunung Maras

Ada banyak kendaraan umum yang bisa anda gunakan untuk menuju Maras. Baik itu dari Pangkalpinang, maupun dari kota Sungailiat itu sendiri. Namun kendaraan umum ini hanya bisa mengantarkan sampai ujung kampung Rambang. Jadi anda perlu berjalan kaki lagi untuk mencapai kaki Gunung Maras.

Anda juga bisa menggunakan kendaraan sendiri, namun jalanan yang ada di dekat kaki Gunung Maras tidak bisa dilalui oleh mobil. Jadi mungkin lebih mudah kalau anda menggunakan motor. Jika anda anda berangkat dari kota Belinyu, maka ada transportasi berupa ojek yang mau mengantarkan sampai kaki Gunung Maras. Tentu saja meskipun ada banyak pilihan transportasi, anda tetap harus berjalan kaki jika ingin naik sampai puncak Gunung Maras.

Jika anda ingin pergi ke Gunung Maras, sebaiknya mengambil rute yang melewati sungai Perimping. Di sungai ini terdapat sebuah jembatan tua peninggalan jaman Belanda. Jembatan perimping di bangun oleh Belanda pada tahun 1929 untuk menghubungkan kota Belinyu dan Muntok. Jembatan perimping tidak terlalu lebar hanya bisa dilewati oleh satu jalur. Disebelah jembatan ini ada jembatan baru yang berukuran lebih besar. Arsitekturnya begitu kontras antara kedua jembatan ini.

Itulah Objek Wisata Alam Indonesia tentang keindahan Objek Wisata Gunung Maras Pulau Bangka pada kesempatan kali ini. Baca juga rekomendasi Objek Wisata Gunung sebelumnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Objek Wisata Gunung Puntang yang terletak di Banjaran Bandung. Semoga salah satu gunung ini bisa menjadi jalur pendakian Anda berikutnya. Salam Wisata!