Objek Wisata Kali Pesanggrahan Lebak Bulus Jakarta

Kali PesanggrahanKali Pesanggrahan atau Sungai Pesanggrahan ibarat oase ditengah gersangnya kota metropolitan yang banyak menimbulkan polusi udara. Kawasan sekitar kali ini masih ditumbuhi oleh tetumbuhan alami dan dilindungi, dan juga masih terdapat hutan alami yang luasnya mencapai 40-an hektar yang membentang disepanjang tepian Kali Karang Tengah. Semua ini menjadi semacam filter bagi Kota Jakarta dari berbagai polusi udara.

Kawasan Wisata Kali Pesanggrahan awalnya merupakan inisiatif penduduk setempat untuk melestarikan dan menjadikan kawasan di sekitar kali tetap terurus dan terjaga. Mereka kemudian berinisiatif untuk membangun tambak-tambak ikan, kobak sebanyak beberapa titik yang airnya tak pernah kering dalam sepanjang tahunnya. Kemudian ditanami juga dengan ribuan jenis pepohonan yang rimbun dan hijau yang mencerminkan usaha penduduk tersebut bisa dinilai berhasil.

Tak hanya pepohonan yang ada di Objek Wisata Kali Pesanggrahan ini, namun juga ada satwa semisal kera, ular, berang-berang, buaya, tupai dan juga burung-burung yang sudah mulai langka. Beruntung salah seorang penduduk dari sekitar Kali Pesanggrahan ini sangat bertanggungjawab dalam rangka pelestarian kali ini bernama Chaeruddin yang menjadi ketua kelompok tani Sangga Buana.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Objek Wisata Kali Pesanggrahan Lebak Bulus ini, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan semisal menggelar wisata alam semisal berjalan menyusuri kerindangan dan kesunyian sungai atau hanya duduk-duduk sambil memerhatikan suasana diantara kesejukan dan keindahan yang dimiliki oleh kawasan di sekitar kali ini. Pokoknya dengan berkunjung kesini maka Anda akan sementara dapat terhindar dari segala keruwetan ibukota.

Kemudian bagi Anda yang sangat gemar memancing maka Andapun bisa menggelar kebisaan tersebut di Objek Wisata Kali Pesanggrahan yakni memancing di alam yang terbuka. Disini juga tersedia sarana pemancingan yang sangat menarik dimana keseluruhan hasil pancingan yang dihasilkan bisa langsung dimasak atau dihidangkan dengan masakan khas desa setempat.

Berbagai atraksi seni bisa disaksiakn di Desa Karang Tengah yang merupakan bagian dari kawasan Objek Wisata Kali Pesanggrahan ini juga bisa menyaksikan pergelaran seni bela diri silat yang beraliran “jalan paham” yang merupakan satu-satunya jenis silat yang tak pernah dipertandingkan dalam kejuaraan apapun karena memang aturan mainnya yang berbeda dengan olahraga silat yang lainnya.

Itulah sedikit informasi Objek Wisata Alam Indonesia tentang keberadaan Objek Wisata Kali Pesanggrahan Lebak Bulus Jakarta pada kesempatan kali ini. Baca juga Objek Wisata Sungai sebelumnya tentang Objek Wisata Sungai Ayung Bali. Semoga salah satu tempat wisata ini bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya...