Objek Wisata Pulau Bokor Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau BokorObjek Wisata Pulau Bokor Kepulauan Seribu Jakarta ---Pulau Bokor merupakan salah satu dari serangkaian banyak gugusan Kepulauan Seribu yang ada di Propinsi DKI Jakarta. Jaraknya tidak jauh dari pesisir pantai utara Jakarta, namun sudah di anggap di luar kotamadya Jakarta Utara. Pulau Bokor masuk ke dalam Kabupaten Kota Kepulauan Seribu tepatnya di Kelurahan Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Letaknya tidak jauh dengan Pulau Rambut dan pulau pulau lainnya seperti Pulau Untung Jawa sendiri, Pulau Onrust dan Pulau Bidadari. Itu kenapa akses untuk bisa ke Pulau Bokor sangat mudah.

Jika ingin ke Pulau Bokor, wisatawan bisa menggunakan kapal yang disewakan oleh nelayan nelayan sepanjang pelabuhan Muara Angke atau Tanjung pasir. Tarifnya per kapal cukup murah yaitu hanya 300 ribu rupiah diluar uang rokok untuk nakhoda dan kernetnya. Ongkos tersebut juga diluar biaya parkir di pulau bokor. Waktu tempuhnya jika melewati Muara Angke akan lebih lama 15 menit dibanding dengan waktu tempuh jika berangkat dari Tanjung Pasir.

Selain itu, akses ke kawasan Wisata Pulau Bokor bisa dengan cara menuju Pulau Untung Jawa terlebih dahulu. Pulau Bokor hanya terdiri dari hutan hutan dan satwa satwa liar, tidak ada penginapan. Jadi jika ingin menginap di pulau lalu ingin mengunjungi Pulau Bokor di keesokan harinya, wisatawan bisa menginap di Pulau Untung Jawa. Cara mencapai Pulau Untung Jawa dapat melalui 2 pelabuhan tadi atau dapat juga melalui pelabuhan Marina di Ancol. Nantinya, setelah berada di Pulau Untung Jawa, wisatawan dapat meneruskan perjalanan ke Pulau Bokor dengan menyewa perahu milik nelayan dengan ongkos yang bervariasi tergantung negoisasi di tempat.

Alternatif lainnya untuk bisa mengunjungi Objek Wisata Pulau Bokor, wisatawan harus dapat memanfaatkan momen momen tertentu yang kebetulan melibatkan Pulau Bokor. Misalnya saja event konservasi penanaman bibit pohon atau acara acara penelitian yang diadakan oleh lembaga lembaga tertentu. Selain itu, beberapa agen perjalanan yang melayani perjalanan ke Kepulauan Seribu juga kadang mengikutsertakan Pulau Bokor ke itenary perjalanan wisata mereka. Biasanya masuk ke paket wisata Pulau Untung Jawa atau Pulau Bidadari atau masuk ke paket wisata one day trip ke Kepulauan Seribu yang mengunjungi pulau pulau terdekat seperti Pulau Onrust, Pulau Cipir, Pulau Rambut, Pulau Bokor dan Pulau Untung Jawa.

Objek Wisata Pulau Bokor Kepulauan Seribu memiliki jajaran pantai dengan pasir yang masih putih dan air lautnya juga masih biru. Namun sangat disayangkan, tidak banyak terumbu karang yang ada di sekitaran perairan Pulau Bokor. Kebersihan pantai dan laut Pulau Bokor sangat dijaga bahkan dari sebelum Indonesia merdeka. Dengan adanya Surat Keputusan Gubernur Jendral Hindia Belanda Nomor : 7 tanggal 3 Mei 1939 yang memutuskan Pulau Bokor sebagai cagar alam cukup menunjukkan bahwa dari zaman kolonial Belanda Pulau Bokor sudah diperhatikan.

Itulah sedikit info Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Pulau Bokor Kepulauan Seribu Jakarta pada kesempatan kali ini. Semoga salah satu Objek Wisata Pulau ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata Anda berikutnya. Salam Wisata!