Objek Wisata Pantai Pagatan Tanah Bumbu Banjarmasin

Pantai PagatanObjek Wisata Pantai Pagatan Tanah Bumbu Banjarmasin ---Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kalimantan Selatan dan ingin melihat tradisi laut yang unik, datanglah pada 2 minggu terakhir bulan April setiap tahunnya ke Pantai Pagatan. Pada saat itu, nelayan keturunan bugis yang tinggal di sekitar kawasan Pantai Pagatan. Mereka melakukan acara pesta laut ini sebagai ungkapan rasa terima kasih atas hasil laut yang telah mereka peroleh sepanjang tahun. Selain itu acar pesta laut ini diadakan untuk meminta perlindungan ketika mereka sedang pergi melaut.

Bagi Anda yang tidak berkesempatan datang pada waktu ini ke kawasan Wisata Pantai Pagatan, tidak perlu khawatir. Pesona keindahan alam Pantai Pagatan bisa juga dijadikan alasan untuk berkunjung ke daerah ini. Pantai Pagatan mempunyai pasir pantai yang memanjang dari barat menuju ke arah timur sepanjang 1,5 km.

Objek Wisata Pantai Pagatan memiliki Luas total lahan yang menjadi bagian dari Pantai Pagatan adalah 1,5 hektar. Bisa dibilang luas untuk melakukan aktifitas ketika sedang berada di pantai. Termasuk untuk bermain bola dan juga voli pantai. Pantai ini tidak mempunyai ombak yang besar. Jadi bisa dibilang cukup aman bagi anak-anak untuk bermain di laut Pantai Pagatan.

Akses Menuju Objek Wisata Pantai Pagatan

Objek Wisata Pantai Pagatan berada di Kecamatan Kusam Hilir yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu. Bila berangkat dari Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Pantai Pagatan dapat dicapai dalaw waktu 8 jam melalui jalur darat. Meskipun perjalanan bisa terasa jauh bila berangkat dari Banjarmasin, namun perjalanan menuju Pantai Pagatan terasa mudah. Karena sudah tersedia jalan Trans Kalimantan yang sangat mulus. Apalagi lokasi Pantai Pagatan tepat berada di tepi jalan Trans Kalimantan, yaitu yang berada di poros selatan, membuat mereka yang datang kesini tidak akan kesulitan menemukan Pantai Pagatan.
Banyak hal yang bisa Anda nikmati di Pantai Pagatan ini, mulai dari memancing, menikmati hasil laut yang sedar, ataupun olahan dari hasil laut berupa keripik ikan. Untuk menikmati suasana laut, Anda juga bisa menyusuri Pantai Pagatan dari arah laut menggunakan perahu motor. Apabila tidak sedang melaut, nelayan disini menyewakan perahu mereka untuk mengantarkan para pengunjung menikmati panorama Pantai Pagatan dari atas perahu motor.

Untuk urusan kuliner dan akomodasi, Objek Wisata Pantai Pagatan Tanah Bumbu ini sudah menyediakan berbagai fasilitas pendukung. Disekitar lokasi Pantai Pagatan terdapat banyak warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman ringan. Di warung ini juga ada yang menjual pulsa isi ulang. Di Pantai Pagatan terdapat beberapa pondok yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk berteduh dari teriknya matahari pantai.

Pondok ini juga bisa digunakan oleh para orangtua untuk mengawasi anak-anaknya yang sedang berenang di laut. Fasilitas tempat ibadah juga tersedia di Pantai Pagatan. Penginapan juga mudah ditemukan bila anda berkunjung ke Pantai Pagatan. Di sekitar lokasi pantai sudah terdapat hotel bintang 3 serta beberapa wisma dan homestay. Jika suka dengan suasana di alam terbuka, maka coba saja untuk berkemah di Pantai Pagatan. Karena disini juga tersedia lokasi perkemahan yang luas dan aman.

Itulah sedikit Info Objek Wisata Alam Indonesia tentang keindahan dan tradisi laut Objek Wisata Pantai Pagatan Tanah Bumbu Banjarmasin pada kesempatan kali ini. Lihat juga Objek Wisata Pantai sebelumnya tentang Objek Wisata Pantai Tanjung Tinggi di Bangka Belitung. Semoga slah satu pantai ini bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya.