Objek Wisata Air Terjun Curug Ceheng Subang Banyumas

Curug Ceheng
Curug Ceheng atau Air Terjun Curug Ceheng merupakan salah satu air terjun yang masih alami yang bisa Anda temui saat berkunjung ke daerah Subang Banyumas. Letak Air Terjun Curug Ceheng yang tersembunyi di tengah perkebunan dan hutan, serta ceruknya yang setengah lingkaran dengan latar belakang Gunung Slamet menjadikan kawasan curug ini kerap disambangi pasangan muda Purwokerto yang ingin mojok. Selain itu di curug ini banyak terdapat kelelawar yang beterbangan di sekitarnya.

Air Terjun Curug Ceheng memiliki ketinggian terjunan air hanya 13 meter dan berada di lereng tenggara Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 600 m diatas permukaan laut. Air terjun ini merupakan salah satu bagian dari aliran kali Pelus yang mengalir ke daerah hilir sampai Subang dan Sokaraja.

Kawasan Wisata Air Terjun Curug Ceheng berada di Desa Gandatapa Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Letaknya berada sekitar 600 meter diatas permukaan laut. Dan kalau anda memulai perjalanan dari arah kota Purkokerto, jaraknya diperkirakan mencapai 15 km ke arah timur laut. Alat transportasi umum yang dapat langsung mengantarkan Anda ke Objek Wisata Air Terjun Curug Ceheng ini masih jarang dijumpai.

Akses Menuju Objek Wisata Air Terjun Curug Ceheng
Objek Wisata Air Terjun Curug Ceheng berjarak sekitar 15 km di ujung timur dari kota Purwokerto. Untuk menuju ke Curug Ceheng, tidak terlalu sulit.Jika berangkat dari arah Purwokerto dengan kendaraan pribadi langsung ambil jalur ke arah Sumbang dengan melewati kawasan wisata Baturaden. Dua jurusan dapat ditempuh, melalui Dukuh Waluh atau Jalan HR Bunyamin. Setelah melewati Baturaden dan sampai di pertigaan Pabuaran, ambil belokan ke kanan ke arah sumbang. Selanjutnya belok ke kiri ke arah Limpakuwus. Kondisi jalan ke curug ini sudah beraspal dan lumayan bagus.
Sepanjang perjalanan menuju Objek Wisata Air Terjun Curug Ceheng Subang ini, para pengunjung akan disuguhi panorama alam yang sangat indah. Tanaman nan hijau di persawahan warga akan terhampar di depan mata anda. Semuanya itu seolah seperti lukisan alam yang sangat sempurna dan dapat anda nikmati di sepanjang jalan menuju ke Curug Ceheng. Ladang-ladang yang ditanami berbagai macam palawija dan padi milik para penduduk disana makin menambah suasana liburan menjadi lebih sempurna.

Untuk bisa menikmati semua keindahan selama perjalanan secara maksimal, disarankan bagi pengunjung untuk menggunakan kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil agar bisa langsung melaju ke Kecamatan Sumbang. Akses yang dilalui saat anda melakukan kunjungan wisata ke Curug Ceheng juga lumayan bagus. Aspalnya sudah mulus walaupun jalanan yang harus anda temui berliku-liku dan naik turun. Oleh karenanya, pengunjung tetap harus berhati-hati saat mengendarai kendaraan.

Di kawasan Objek Wisata Air Terjun Curug Ceheng Subang Banyumas juga sudah terdapat berbagai fasilitas penunjang wisata seperti area parkir yang cukup luas, area bumi perkemahan, loket tiket, dan toilet umum, yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Walaupun belum secara maksimal di kelola kebersihannya, namun sudah bisa digunakan dengan baik.

Itulah sedikit info Objek Wisata Alam Indonesia tentang keindahan dan kealamian Objek Wisata Air Terjun Curug Ceheng Subang Banyumas pada kesempatan kali ini. Liha juga rekomendasi Objek Wisata Air Terjun sebelumnya yang tidak kalah menarik yaitu Objek Wisata Air Terjun Curug Belot yang terdapat di daerah Baturaden Banyumas. Semoga salah satunya bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya...