Objek Wisata Air Terjun Curug Pengantin Ajibarang Banyumas

Curug Pengantin
Mitos yang mengiringi dan ada dibalik beberapa Objek Wisata Alam Indonesia terkadang bisa menjadi pesona dan daya tarik sendiri bagi para pengunjungnya. Tidak sedikit dari pengunjung yang justru datang ke suatu tempat wisata bukan saja bermaksud untuk menikmati keindahan alamnya, melainkan juga untuk larut dalam cerita mistis yang berkembang di objek wisata tersebut. Dan salah satunya adalah Objek Wisata Air Terjun Curug Pengantin.

Objek Wisata Air Terjun Curug Pengantin ini berada di Dusun Parduli Desa Kracak Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Air terjunnya juga tidak terlalu tinggi dan hanya 2 meter saja. Jadi, anda tidak perlu takut untuk mandi dibawah air terjun. Tetapi, tempat ini sudah dikenal luas sebagai tempat untuk tolak bala, untuk buang sial dan juga sebagai ajang mencari jodoh dengan lebih cepat.

Akses Menuju Objek Wisata Air Terjun Curug Pengantin
Lokasi Objek Wisata Air Terjun Curug Pengantin ini berada di tengah hutan. Dan untuk bisa sampai ke tempat tersebut, aksesnya bisa dibilang agak sulit dan masih sepi. Hanya penduduk lokal yang berlalu-lalang di sekitar tempat tersebut. Jarak dari kota Ajibarang sekitar 8 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi, baik motor dan mobil. Akses jalannya juga cukup menanjak dan belum diaspal dengan baik sehingga anda perlu sedikit berjuang untuk dapat sampai ke Curug pengantin. Anda juga perlu berhati-hati kalau-kalau masih ada hewan melata seperti ular yang berkeliaran di sekitar air terjun karena memang lokasinya yang lembab di tengah hutan.
Kawasan Objek Wisata Air Terjun Curug Pengantin Ajibarang ini biasanya menjadi ramai pada malam Jum’at Kliwon yang dimulai pada pukul 12 malam hingga 2 dini hari. Mereka pun mau bersusah payah untuk mandi hanya dengan penerangan lampu senter. Oleh karena itu, guna memudahkan para pengunjung yang datang untuk melakukan ritual tirakatan atau bahkan pada saat berkunjung di siang hari, disana pun akhirnya dibuat pancuran yang terbuat dari bambu.

Mitos Air Terjun Curug Pengantin
Menurut penuturan warga tentang mitos enteng jodoh yang tinggal di sekitar Curug Pengantin, ada seorang wanita yang ditinggal mati oleh suaminya. Namun, lama baginya untuk dapat menikah lagi sedangkan umur tetap terus bertambah. Hingga akhirnya, orang tuanya pun menyarankan wanita itu untuk mandi di bahwa Curug Pengantin. Dan hasilnya, harapan itu pun terkabul karena tidak berapa lama kemudian datang seorang pria yang melamar untuk bisa menikah dengan wanita tersebut. Sebenarnya, masih banyak kisah-kisah yang menceritakan jikalau Curug Pengantin ini memang sering diburu oleh mereka yang sudah berkali-kali gagal dalam menjalin hubungan dan akhirnya bisa bertemu dengan jodoh mereka setelah mandi di air terjun ini.
Demikianlah sedikit info Objek Wisata Alam Indonesia tentang mitos dan kepopuleran Objek Wisata Air Terjun Curug Pengantin Ajibarang Banyumas pada kesempatan kali ini. Lihat juga rekomendasi Objek Wisata Air Terjun sebelumnya yang tidak kalah menarik yaitu Objek Wisata Air Terjun Curug Cipendok yang terdapat di wilayah kecamatan Cilongok Banyumas. Semoga salah satunya bisa menjadi tempat wisata favorit Anda. Selamat berpetualang...



newer older beranda