Objek Wisata Pulau Buluh Kepri Batam

Pulau Buluh
Objek Wisata Pulau Buluh Kepri Batam ---Kepulauan Riau atau Kepri merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki Objek Wisata Pulau yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu pulau dengan perkampungan tertua sebagai penghuninya adalah Pulau Buluh.

Pulau Buluh merupakan merupakan sebuah pulau kecil yang terdapat di pesisir Pulau Batam. Awalnya, disebut Pulau Buluh karena sebagian besar tanaman yang terdapat di pulau ini adalah pohon bambu. Pohon bambu sendiri bagi masyarakat setempat disebut dengan "Buluh". Oleh karena itu, penduduk setempat lebih mengenal pulau ini sebagai Pulau Buluh.

Bagi para wisatawan, banyak hal yang bisa dinikmati di kawasan Wisata Pulau Buluh ini. Disini terdapat berbagai jenis ekowisata yang dapat dinikmati oleh para wisatawan seperti tempat penangkaran buaya dan tempat budidaya tanaman anggrek dengan berbagai beragam jenisnya. Selain itu, panorama disekitar lautan Pulau Buluh ini juga tak kalah indahnya. Dari kejauhan tampak perairan berwarna biru kehijauan yang begitu mendominasi.

Akses Menuju Objek Wisata Pulau Buluh
Objek Wisata Pulau Buluh merupakan sebuah pulau kecil yang letaknya hanya sekitar 1 mil saja jika ditempuh dari Pelabuhan Rakyat Sagulung dan pulau ini adalah salah satu kelurahan dari Kecamatan Bulang, Batam. Anda bisa menggunakan jasa taksi dari Kota Batam dengan tujuan Pelabuhan Sagulung. Namun taksi ini akan berangkat ketika penumpangnya sudah penuh, dikarenakan transportasi ke Pelabuhan Sagulung sangat jarang sekali ditemukan. Dari Pelabuhan Segulung menggunakan transportasi laut berupa perahu Pompong.
Sejarah Pulau Buluh
Selain keindahannya, Pulau Buluh juga memiliki sejarah budaya yang patut untuk diketahui. Berdasarkan sejarah, kawasan hutan Pulau Buluh merupakan salah satu tempat berburu bagi seorang raja dari masa Kerajaan Riau Lingga di Kepulauan Riau yang pada masa lalu.

Saat ini, di kawasan Objek Wisata Pulau Buluh Kepri ini terdapat banyak bangunan-bangunan bersejarah seperti SDN 001 Pulau Buluh yang merupakan bangunan yang digunakan sebagai sarana pendidikan. SDN 001 Pulau Buluh dibangun pada masa Belanda dan pada masanya raja-raja Melayu Riau berkuasa di Indonesia tepatnya pada tahun 1880.

Kemudian terdapat juga Balai Desa yang dulunya merupakan Sekolah Khusus masyarakat Tionghoa yang tinggal di Pulau Buluh. Sekolah tersebut telah dibangun sejak tahun 1937 dan yang paling menarik adalah sumur tua yang terdapat di halaman sekolah, sumur tua tersebut dibangun oleh kerabat raja dari daerah lain yang pernah berkunjung ke Pulau Buluh.

Ada bangunan Vihara Samudera Bhakti yang sebelumnya bernama Rumah Beribadatan Toa Pekong. Bangunan yang didirikan pada tahun 1880 letaknya tepat dipesisir laut. Vihara ini mempunyai dermaga khusus dan ruang untuk beristirahat yang khusus digunakan oleh pengunjung. Selain itu terdapat pula sebuah masjid tua yang dibangun pada tahun 1872, Masjid tersebut bernama Masjid Tua Jami’ Nurul Iman. Semua menjadi destinasi wisata sendiri yang wajib Anda kunjungi.
Itulah sedikit info Objek Wisata Alam Indonesia tentang keindahan dan sejarah Objek Wisata Pulau Buluh Kepri Batam pada kesempatan kali ini. Lihat juga Objek Wisata Pulau sebelumnya yang tidak kalah menarik yaitu Objek Wisata Pulau Bakut yang terdapat di wilayah Barito Kuala Kalimantan Selatan. Salam Wisata!