Objek Wisata Pulau Bakut Barito Kuala Kalimantan Selatan

Pulau Bakut
Objek Wisata Pulau Bakut Barito Kuala Kalimantan Selatan ---Pernakah Anda melintasi Jembatan Barito di Kalimantan Selatan? Yupzz..pastinya Anda akan terkesan dengan pemandangan yang disajikan saat Anda melewati jembatan tersebut. Pada bagian tengah jembatan Anda akan menemui beberapa puncak pohon yang menyembul keluar dari sisi jembatan. Pohon-pohon inilah yang tumbuh di Pulau Bakut , tepat dibawah Jembatan Barito.

Sama seperti kedua Objek Wisata Pulau sebelumnya, yaitu Objek Wisata Pulau Kembang dan Pulau Bekantan, kawasan Wisata Pulau Bakut ini juga terbentuk dari delta sungai Barito. Sehingga banyak jenis tumbuhan sebagai habitat beberapa jenis hewan, seperti monyet ekor panjang, elang bondol, elang putih, dan lainnya, menjadi penghuni Pulau Bakut ini.

Akses Menuju Objek Wisata Pulau Bakut
Secara administratif, Objek Wisata Pulau Bakut masuk kedalam wilayah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Pulau yang mempunyai luas total sebesar 18,7 hektar ini bisa ditempuh menggunakan speed boat dari ibukota provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin dalam waktu 20 menit. Jika anda berangkat menggunakan perahu motor dari Banjarmasin, maka pulau Bakut bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam.
Objek Wisata Pulau Bakut Barito Kuala ini ditetapkan sebagai kawasan taman wisata alam oleh Keputusan menteri kehutanan pada tahun 2003 lalu. Upaya ini tentunya untuk melestarikan keberadaan Pulau Bakut sebagai salah satu Objek Wisata Pulau, lengkap dengan flora dan fauna yang ada di dalamnya. Keputusan ini tentunya masih perlu didukung oleh semua pihak agar bisa menjaga Pulau Bakut menjadi lebih lestari lagi di masa-masa yang akan datang.

Itulah sedikit info Objek Wisata Alam Indonesia tentang keberadaan Objek Wisata Pulau Bakut Barito Kuala Kalimantan Selatan, yang tepat berada di bawah Jembatan Barito kali ini. Semoga tempat wisata ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya. Salam Wisata!