Objek Wisata Pulau Kaget Bekantan Barito Kuala

Pulau Kaget Bekantan
Objek Wisata Pulau Kaget Bekantan Barito Kuala ---Ciri khas dari Pulau Kaget ini adalah keberadaan spesies langka dari golongan primata, yaitu Bekantan. Bekantan sendiri merupakan monyet berhidung besar. Bekantan sendiri merupakan sebutan untuk monyet ini oleh masyarakat Kalimantan Selatan. Karena banyaknya spesies Bekantan di Pulau Kaget ini, maka sering juga masyarakat menyebut pulau ini sebagai Pulau Bekantan.

Akses Menuju Objek Wisata Pulau Kaget
Secara administratif, kawasan Wisata Pulau Kaget termasuk kedalam wilayah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Dari ibukota Kalimantan Selatan, Banjarmasin lokasi pulau Kaget bisa ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit menggunakan speed boat. Namun jika menggunakan perahu tadisional Klotok, maka pulau Kaget bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam.
Selain keberadaan spesies langka Bekantan, Objek Wisata Pulau Kaget ini juga dihuni berbagai jenis fauna lainnya seperti monyet ekor panjang dan lutung. Sementara itu dari jenis burung, pulau Kaget dihuni oleh elang bondol, elang laut, burung kipas, betet, trucukan, bangau, dan bebek. Semua menjadi keindahan tersendiri yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke Pulau Kaget ini.

Keberadaan beragam fauna di Objek Wisata Pulau Kaget Barito Kuala ini memang didukung dengan keberadaan flora yang menjadi rumah meraka. Lingkungan hutan yang ditumbuhi oleh pepohonan dari jenis rambai, bakau, api-api, nipah, bakung, piai, jeruju, dan pandan, menjadikan surga tersendiri bagi habitat fauna di Pulau Kaget ini.

Itulah sedikit info Objek Wisata Alam Indonesia tentang keberadaan Monyet Bekantan di Objek Wisata Pulau Kaget Bekantan Barito Kuala Kalimantan Selatan pada kesempatan kali ini. Lihat juga keunikan Objek Wisata Pulau sebelumnya yang masih berada di Barito Kuala Kalimantan Selatan yaitu Objek Wisata Pulau Kembang dengan keunikan monyet ekor panjangnya. Semoga salah satu pulau ini bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya. Salam Wisata!