Objek Wisata Pulau Lonthoir Ambon Maluku

Pulau Lonthoir
Objek Wisata Pulau Lonthoir Ambon Maluku ---Pulau Lonthoir atau yang sering dikenal juga sebagai Pulau Banda Besar merupakan destinasi wisata yang menarik bagi pecinta wisata sejarah. Keberadaan benteng-benteng tua di Pulau Lonthoir ini menjadi alasan tersendiri mengapa pulau ini sering dikunjungi. Dan diantara benteng-benteng tua tersebut adalah Benteng Hollandia dan Benteng Concordia.

Benteng Hollandia Pulau Lonthoir
Benteng Hollandia yang ada di kawasan Wisata Pulau Lonthoir ini di bangun pada tahun 1724. Benteng ini berfungsi sebagai pengendali lalu lintas laut di selat yang menjadi pemisah Lonthoir dan Neira, benteng ini juga adalah pusat pengawasan perdagangan buah pala dan kelopaknya (fuli) di dusun-dusun yang berdiri di garis pantai Pulau Lonthoir.

Untuk mengunjungi Benteng Hollandia Pulau Lonthoir ini Anda harus melewati kampung Lonthoir dan mendaki 260 anak tangga. Sebuah prasasti tertulis di ujung bagian bawah anak-anak tangganya. Isi prasasti berukuran 23 M2 tersebut adalah sebuah informasi bahwa bangunan ini pernah di renovasi pada di seputaran tahun 1745.
Benteng Concordia Pulau Lonthoir
Benteng Concordia Pulau Lonthoir berada di desa Wayer, benteng ini berada tak jauh dari garis pantai. Benteng yang memiliki dinding setinggi hampir 5 meter ini langsung berhadapan dengan lautan. Ada dua pintu yang bisa digunakan bila ingina memasuki bangunannya. Satu pintu menghadap ke daratan Lonthoir dan satunya berhadapan dengan laut. Sebuah lorong sepanjang hampir 3 meter mesti dilewati setelah memasuki pintu-pintu tersebut.

Fungsi utama Benteng Concordia di Objek Wisata Pulau Lonthoir ini juga sebagai sarana pengintai bagi kapal-kapal yang berlayar di sebuah selat yang menjadi pintu masuk ke pulau Neira, yang dulunya merupakan sentral perdagangan dan pemerintahan VOC di kepulauan Banda.
Oleh karena itu, bagi Anda yang menyukai Wisata Sejarah, jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi Objek Wisata Pulau Lonthoir Ambon ini. Banyak sekali hal yang bisa Anda nikmati disini. Selain itu, pastinya akan menjadi spot gambar yang menarik bagi Anda penyuka Fotography.

Itulah sedikit informasi Objek Wisata Alam Indonesia tentang nuansa sejarah masa lalu di Objek Wisata Pulau Lonthoir Ambon Maluku pada kesempatan kali ini. Simak juga Objek Wisata Pulau sebelumnya yang tidak kalah menarik ayitu Objek Wisata Pulau Putri yang terdapat di Batam. Semoga bisa menjadi destinasi wisata Anda berikutnya...