Objek Wisata Pantai Palabusa Baubau Sulawesi Tenggara

Objek Wisata Pantai Palabusa Baubau Sulawesi TenggaraObjek Wisata Pantai Palabusa ---Palabusa merupakan nama salah satu desa di kecamatan Bungi, Bau-bau. Desa ini memiliki pemandangan pantai yang lain dari pada yang lain dan pemandangan laut yang menarik. Pantai itu bernama Pantai Palabusa, yang sebagian besar penduduk sekitar pantai menanam rumput laut sebagai mata pencaharian utamanya selain menjadi tenaga kerja atau karyawan di area pengembang-biakan mutiara laut.

Lokasi Pantai Palabusa

Kawasan Wisata Pantai Palabusa yang berada di desa ini berjarak kurang lebih 20 kilometer atau satu jam perjalanan ke arah timur dari pusat kota Bau-bau. Selain dengan kendaraan pribadi, perjalanan bisa di tempuh dengan menggunakan kendaraan umum roda empat (masyarakat setempat menyebut kendaraan umum ini dengan sebutan ‘pete-pete’, sejenis mikrolet di pulau Jawa) atau juga kendaraan umum roda dua ata uojek.

Keindahan Wisata Pantai Palabusa

Desir angin seakan melukis indahnya awan biru yang berarak di kejauhan. Di tepian tebing akan terlihat bentangan laut yang merupakan pemisah antara kota Bau-bau dan pulau kecil nan indah di ujung pandangan mata. Riak lautnya yang damai akan setia menemani perjalanan menuju desa penghasil mutiara dan rumput laut di Pulau Buton.

Aroma khas rumput laut akan segera terasa di indera penciuman ketika berada di pintu gerbang desa Palabusa. Bentangan dipan penjemur rumput laut berbahan dasar bambu akan segera terlihat semakin banyak bagi siapa pun yang melangkah memasuki desa palabusa lebih ke dalam. Warna-warni alas dipan penjemur berbahan plastik berpadu dengan hijaunya rumput laut seolah kompak menghiasi pekarangan warga desa Palabusa.

Di ujung desa nelayan ini lah terletak pemandangan yang sesungguhnya. Bentang pasir putih yang tidak terlalu panjang di sempurnakan oleh barisan perahu-perahu katinting khas nelayan setempat di ujungnya, siap membawa pemiliknya menebar benih rumput laut di kawasan Wisata Pantai Palabusa.

Budidaya Mutiara Pantai Palabusa

Kesegaran udara di Objek Wisata Pantai Palabusa dan juga semilir angin yang bergerak di sela-sela lambaian nyiur, tidak mengalihkan kenyataan bahwa kawasan perairan Palabusa adalah juga kawasan pengembang biakan mutiara yang telah di kelola oleh empat generasi turun-temurun. Di desa ini terdapat dua perusahan besar pengembang mutiara dengan dua area pengembang biakan yang berbeda.

Dua perusahaan yang merekrut sebagian besar warga desa Palabusa ini menjual hasil panen budi daya mutiara mereka ke Bali. Pinctada Maxima atau lebih di kenal sebagai mutiara bulat yang utuh dan juga Pteria Penguin yang lebih di kenal sebagai mutiara setengah bulat adalah dua jenis mutiara yang di hasilkan dari desa Palabusa untuk manca negara.
Oleh karena itu, keuntungan lebih wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Pantai Palabusa Baubau ini tidak saja bisa menikmati keindahan pantai yang disajikan, tetapi bisa juga mengenal lebih banyak tentang kekayaan nusantara yang bisa dinikmati dan dilestarikan.

Demikianlah info Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Pantai Palabusa Baubau Sulawesi Tenggara pada kesempatan kali ini. Baca juga rekomendasi Wisata Pantai sebelumnya tentang Objek Wisata Pantai Lakeba yang juga terdapat di Baubau Sulawesi Tenggara. Semoga salah satuu pantai ini bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya...