Objek Wisata Pulau Enggano Bengkulu

Objek Wisata Pulau Enggano BengkuluObjek Wisata Pulau Enggano ---Pulau "kecewa"? Mungkin itulah yang terbayang di benak ketika mendengar nama Pulau Enggano. Pulau yang merupakan pulau terluar ini memiliki potensi alam maupun ekonomi yang cukup tinggi, sehingga beberapa wisatawan penikmat panorama alam, sering berkunjung ke Pulau Enggano ini.

Kawasan Wisata Pulau Enggano terkenal akan hasil perairan dan keindahan alam yang belum tersentuh dengan beragam pembangunan. Sehingga, suasana yang akan anda dapatkan benar-benar terasa alami. Di Pulau Enggano ini juga Anda akan menemukan pantai yang kaya akan hasil laut berupa ikan-ikan yang cukup unik serta hewan-hewan laut lainnya seperti kepiting dan hewan bercangkang lainnya yang sering terlihat berjalan di bibir pantai. Pantai ini dikenal sebagai Pantai Humo.

Akses Menuju Objek Wisata Pulau Enggano

Lokasi Objek Wisata Pulau Enggano ini berada di kabupaten Bengkulu Utara, kecamatan Enggano, Bengkulu. Posisinya berada di arah barat daya kota Bengkulu. Untuk menuju pulau ini masih tergolong sulit karena penyebrangan menuju pulau ini tidak dilakukan tiap hari, dan biasanya hanya dilakukan dua atau tiga kali dalam seminggu. Hal ini dikarenakan penyebranganya berdasarkan kondisi cuaca dan ombak yang sering mengalami cuaca buruk di perairan Bengkulu.

Untuk menuju Objek Wisata Pulau Enggano ini, anda bisa menuju dermaga pulau baai yang berada tak jauh dari pusat kota dan hanya sekitar 20 menit dari Bandara Fatmawati dengan kendaraan bermotor. Dari dermaga Pulau Bai, anda bisa menggunakan kapal yang melakukan penyebrangan kesana yakni KMP Raja Enggano atau KMP Perintis, bedanya jika anda menggunakan KMP Raja Enggano, anda akan tiba di pelabuhan Kahyapu Enggano, sedangkan KMP Perintis akan tiba di pelabuhan Malakoni Enggano. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 12-18 jam, tergantung dari keadaan cuaca ketika pelayaran.
Untuk fasilitas penginapan, tampaknya belum ada yang memadai, sehingga anda bisa menemui kepala desa ataupun kepala adat di wilayah setempat untuk mendapatkan tempat tinggal. Jangan khawatir, karena penduduk di pulau ini tergolong ramah kepada para pendatang. Untuk makanan juga cukup mudah, karena biasanya tuan rumah di rumah tempat anda menumpang, biasanya menyediakan makanan untuk anda, maka dari itulah penduduk sini merupakan warga yang sangat ramah dan welcome pada para wisatawan. Sedangkan untuk angkutan, anda hanya bisa menemukan mobil truk atau sebuah bus. Sayangnya, angkutan ini hanya beroperasi pada hari-hari ketika kapal datang.

Selain menikmati berbagai keindahan laut, di Objek Wisata Pulau Enggano Bengkulu ini juga terdapat Taman Burung Gunung Nanua sebagai cagar alam. Keberadaan taman burung ini adalah untuk melindungi spesies burung endemik yang sangat langka, yakni burung kacamata dan burung celepuk. Tentunya keberadaan fauna ini juga akan menambah kesan tersendiri saat mengunjungi Objek Wisata Pulau Enggano ini.

Tips Mengunjungi Objek Wisata Pulau Enggano

  • Siapkan segala obat-obatan atau sarana penunjang lain untuk mengunjungi pulau ini
  • Bagi anda yang mabuk laut, disarankan menggunakan KMP Perintis, karena ketika kapal mengarungi ombak, tidak terlalu terasa seperti halnya menggunakan kapal KMP Raja Enggano.
  • Sebaiknya bawalah kendaraan sendiri ketika menaiki kapal, karena sulitnya angkutan untuk mengelilingi pulau ini.
  • Persiapan haruslah matang, selain info keberangkatan anda juga memiliki info kepala desa yang ada di pulau enggano agar tidak bingung dalam hal mencari tempat tinggal.
Semoga dengan info Objek Wisata Alam Indonesia tentang keindahan Objek Wisata Pulau Enggano Bengkulu pada kesempatan kali ini. Lihat juga rekomendasi Wisata Pulau sebelumnya yang tidak kalah menarik yaitu Objek Wisata Pulau Siompu yang terdapat kepulauan Buton Sulawesi Tenggara. Semoga salah satu pulau ini bisa menjadi destinasi wisata Anda berikutnya. Salam Wisata!