Objek Wisata Pulau Siompu Buton Sulawesi Tenggara

Objek Wisata Pulau SiompuObjek Wisata Pulau Siompu Buton Sulawesi Tenggara ---Pulau Siompu merupakan salah satu pulau yang menjadikan kepulauan Buton cukup dikenal, khususnya bagi pecinta olahraga bawah air dan pecinta destinasi wisata bahari. Hal ini bukan lah tidak beralasan, keindahan bawah bawah laut di Pulau Siompu ini sudah bisa dinikmati walau hanya dikedalaman 15 meter saja. Jika masih kurang, Anda bisa menyelam lebih dalam lagi untuk menikmati keindahan bawah laut Pulau Siompu.

Di kawasan Wisata Pulau Siompu ini, ada suatu tempat yang dijadikan sebagai titik penyelaman yang bernama "Tongali Ridge". Disini wisatawan bisa menikmati berbagai keindahan bawah laut yang tiada duanya. Dinding karang yang di tumbuhi bunga-bunga karang menjadi latar belakang yang cantik bagi segala jenis ikan dan biota laut di dalamnya. Dinding karang yang indah ini bisa dinikmati sampai di kedalaman 30 meter di bawah permukaan laut. Tidak hanya itu, saat melakukan penyelaman, perangkap-perangkap ikan milik nelayan juga menjadi penghias panorama bawah laut perairan Pulau Siompu.

Akses Menuju Objek Wisata Pulau Siompu

Untuk mencapai Objek Wisata Pulau Siompu, dari kota Makassar Anda menuju Kota Bau Bau sekitar 45 menit jika menggunakan penerbangan. Jika menggunakan kapal cepat yang berangkat dari Kendari. Waktu yang ditempuh bisa mencapai 5 jam hingga tiba di pelabuhan Murhum Kota bau Bau.

Selain pelabuhan Murhum yang kerap di singgahi kapal-kapal angkut penumpang milik PT. PELNI, Baubau memiliki pelabuhan lain bernama pelabuhan tradisional Jembatan Batu. Sebuah pelabuhan tempat kapal-kapal rakyat berlabuh menurunkan dan memuat muatan nya. Kapal-kapal kayu ini kerap berlar ke kota-kota lain seperti Makassar, Surabaya, Balikpapan, Flores dan lain-lain. Salah satunya adalah kapal penumpang yang bisa membawa wisatawan menuju Pulau Siompu. Perjalanan dari Baubau ke pulau Siompu memakan waktu kurang lebih 60 menit dengan menggunakan speedboat.
Pulau Siompu merupakan pulau yang tersusun dari batuan kapur membentang hingga 60 kilometer persegi. Walaupun bertanah kapur, tetap saja Pulau Siompu menjadi penghasil buah jeruk. Tidak banyak yang tahu memang, tapi rasa Jeruk Siompu lebih manis dari Jeruk Bali dan Jeruk keprok dari Sumatera. Karenanya, Jeruk Siompu menjadi salah satu jenis jeruk langka, dan pastinya menjadi oleh-oleh yang harus dibawah jika berkunjung ke Pulau Siompu.

Objek Wisata Pulau Siompu di Kepulauan Buton termasuk salah satu spot wisata yang masih alami. Air laut yang berada di tepian pantai sepanjang pesisir pulau Siompu belum banyak terjamah oleh manusia sehingga airnya terlihat begitu bersih dan bening. Lambaian pohon kelapa juga berdiri berjejer menghiasi pinggiran pantai menciptakan nuansa yang elok di senja atau di pagi hari. Sangat direkomendasikan bagi pegunjung yang ingin menikmati suasana alam yang damai.

Demikianlah info Objek Wisata Alam Indonesia tentang keindahan bawah laut Objek Wisata Pulau Siompu Buton Sulawesi Tenggara pada kesempatan kali ini. Lihat juga rekomendsi Objek Wisata Pulau sebelumnya yaitu Objek Wisata Pulau Kabaena yang juga terdapat di wilayah Kepualaun Buton. Semoga bisa menjadi destinasi wisata Anda berikutnya...