Objek Wisata Alam Pulau Seribu Jakarta

Pulau SeribuAkses ke zona inti kawasan Objek Wisata Pulau Seribu Jakarta, atau Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu memang terbatas. Untuk masuk kesana diperlukan adanya izin khusus. Pemeberangkatan dimulai dari Pantai Indah Kapuk yang kemudian menyeberagi Teluk Jakarta dan berlabuh di Dermaga Pulau Pramuka.

Tempat pertama yang dapat dilihat di Objek Wisata Pulau Seribu Jakarta ini adalah penangkaran penyu sisik (eretmochelys imbrita). Pulau Pramuka merupakan ibukota Kabupaten Kepulauan Seribu. Di pulau paling selatan dalam gugusan kepulauan ini tersedia kompleks pusat pengunjung, warung, sewa alat snorkeling dan diving, masjid, lapanagan sepak bola, SMU, wisma tamu, bumi perkemahan, pusat informasi, dan pemandu wwisata yang siap mengatar pengunjung ke tempat-tempat wisata Pulau Pramuka yang merupakan bagian dari Objek Wisata Pulau Seribu Jakarta.

Pulau Pramuka yang ada di Objek Wisata Pulau Seribu Jakarta ini juga di diami oelh penduduk dari bermacam suku. Kendati penduduknya kian bertambah, namun masih banyak tanaman besar yang tumbuh. Berbeda dengan pulau terdekatnya yakni Pulau Panggang yang terlihat padat dan gersang, hanya deretan rumah permanen seperti layaknya kota. Pulau Kelapa juga dipadati oleh penduduk.

Tempat kunjungan selanjutnya yang ada di Objek Wisata Pulau Seribu Jakarta ini adalah Pulau Kuburan Cina dengan dipandu polisi hutan atau jagawana. Selama perjalanan, kondisi laut tampak lebih bersih tak ada sampah dan airnya pun jernih. Dari kejauhan, tampak pantai yang berpasir putih dan deretan pohon cemara laut. Anda akan diantar menuju pantai dengan sampan kecil, namun Anda diperbolehkan berenang dengan alat pengaman berupa pelampung.

Di pantai Pulau Kuburan Cina yang ada di Objek Wisata Alam Pulau Seribu Jakarta ini juga tersedia kano dan alat-alat snorkeling. Meski namanya Kuburan Cina, namun dipulau ini tidak ditemukan satu makampun. Tempat ini tidak memiliki air tawar sehingga suplai air minum diambil dari pulau lain yang terdekat.

Tujuan selanjutnya yang ada di Objek Wisata Pulau Seribu Jakarta ini adalah Pulau Peteloran Barat dan Penjaliran Timur yang masuk zona inti taman nasional dengan wkatu tempuh 1 jam. Selama perjalanan, kondisi air laut tampak bersih dan jernih. Pulau Penjaliran Timur tidak memiliki dermaga seperti halnya Pulau Peteloran. Penjaliran Timur menjadi tempat alami bagi penyu sisik bertelur dan juga tempat perlindungan hutan bakau. Pulau seluas 14 ha ini memiliki vegetasi cukup lebat, antara lain bakau, pohon kelpa, pandan laut, cemara laut, dan semak belukar.

Ada banyak cara yang bisa di tempuh untuk menuju Objek Wisata Pulau Seribu Jakarta ini. Dari Tanggerang, Anda bisa menuju Tanjung Pasir. Dari sana, tinggal naik perahu ke Pulau Untung Jawa yang terkenal dengan keripik sukun. Jika belum naik, tarifnya, hanya sekitar lima ribu rupiah per orang. Atau, Anda juga bisa menyewa perahu ke Pulau Rambut dan pulau-pulau arkeologi lainnya. Dari Pantai Marina Ancol ke Pulau Pramuka, Anda bisa naik speed boat denagn tarif Rp 350.000,- per orang untuk pulang pergi. Lama perjalanan sekitar 1,5 jam. Atau, Anda bisa naik kapal Lumba-lumba Trans Jakarta dengan tarif Rp 25.000,- per orang. Jika menumpang kapal Ferry dari dermaga 21 Ancol, waktu tempuhnya sekitar 3,5 jam.

Dari Tanjung Priok ke Pulau Panggang terdapat transportasi laut 2 kali seminggu. Setiap hari Sabtu juga diselenggarakan perjalanan laut dengan jet foil, lebih kurang 1 jam perjalanan. Jika Anda senang berpetualang, berangkat saja dari Muara Angke. Dari Tempat ini, Anda dapat naik kapal kayu dengan tarif sekitar 20 ribuan per orang. Kapal kayu ini berangkat pukul 7 pagi dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam. Bisa juga berangkat dari Muara Karang ke Pulau Pramuka dengan tarif sekita 15 ribuan per orang.

Jika tujuan Anda ke Objek Wisata Pulau Seribu Jakarta adalah untuk memancing, Anda bisa menyewa kapal kayu di Muara Angke atau di Pulau Pramuka. Sewa per kapal tergantung letak perairan dan pulau yang dituju. Tarifnya relatif dan bisa ditawar.

Demikianlah artikel Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Alam Pulau Seribu Jakarta pada kesempatan kali ini. Simak dan baca juga referensi Wisata Pulau sebelumnya tentang Objek Wisata Pulau Banda Maluku. Semoga salah satunya bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya!