Objek Wisata Pantai Lombang Sumenep Madura

Pantai Lombang SumenepApabila Anda berkunjung ke Pulau Madura, sempatkanlah mampir ke Kabupaten Sumenep di ujung timur Pulau Madura. Di kabuaten yang pernah menjadi pusat pemerintahan Keraton Sumenep ini, Anda dapat menemukan sebuah pantai dengan gugusan pohon cemara udang yang menghiasi hampir seluruh tepiannya. Namanya Pantai Lombang yang terletak sekitar 30 km dari pusat kota.

Pantai Lombang ini mulai menjadi Objek Wisata Alam Indonesia favorit di Sumenep sejak tahun 200 lalu, ditandai dengan kunjungan pertama para turis mancanegara ke pantai ini dan di ikuti oleh wisatawan dalam negeri. Objek Wisata Pantai Lombang memiliki kesan istimewa karena memiliki hamparan pasir putih sepanjang 12 km. Berbeda dengan pantai lainnyan yang umumnya dihiasi oleh pepohonan kelapa, di Objek Wisata Pantai Lombang Sumenep Madura ini terdapat pohon-pohon cemara udang setinggi 4 meter dan membungkuk seperti udang.

Jika ingin berjemur, hamparan pasir putih sangat cocok untuk aktifitas tersebut. Anda juga dapat melihat bola-bola pasir yang terbentuk dari galian kepiting-kepiting mini. Kepiting-kepiting tersebut cukup banyak di pantai ini, namun tidak membahayakan karena mereka biasanya akan lari atau berlindung di dalamn pasir jika ada orang menghampirinya.

Kondisi Objek Wisata Pantai Lombang Sumenep Madura yang masih bersih dengan ombak yang relatif kecil membuat pantai ini sangat cocok untuk lokasi berenang, snorkeling, atau olahraga air lainnya. Wisatawan yang belum mahir berenang atau masih di bawah umur dapat menyewa peralatan renang seperti ban pelampung di sekitar pantai ini.

Jika ingin mendapatakan fasilitas lebih mahal, Anda dapat memanfaatkan fasilitas yang dikhususkan bagi wisatawan asing, yaitu kunjungan untuk menikmati pesona Objek Wisata Pantai, menyaksikan berbagai seni pertunjukkan masyarakat setempat, menikmati pesta bakar ikan di malam hari, serta memperoleh fasilitas penginapan yang unik. Penginapan unik yang terdapat di Objek Wisata Pantai Lombang Sumenep Madura ini merupakan pondok-pondok di pinggir pantai dengan bahan dasar kayu, memakai dinging rotan, beratapkan ranting dan daun pohon cemara, serta berlantaikan pasir pantai. Selain tampak natural, pondok inap tersebut juga dilegkapi dengan ukiran dan perabotan khas Madura sehingga tampak lebih eksotis. Jika Anda ingin berkemah, Anda dapat mendirikan tenda disekitar pantai. Soal tempat meginap, Anda bisa memilih hotel yang terdapat di Kota Sumenep.

Untuk mencapai Objek Wisata Pantai Lombang Sumenep Madura ini , Anda dapat menumpang angkutan umum, menyewa mobil, atau okjek dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dari pusat kota. Silahkan bandingkan dengan pesona Objek Wisata Pantai Lasiana Kupang pada artikel sebelumnya. Semoga salah satunya bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda selanjutnya...