Objek Wisata Danau Poso Sulawesi Tengah

Danau PosoDanau Poso merupakan salah satu objek wisata andalan Provinsi Sulawesi Tengah. Danau yang berada pada ketinggian 657 mdpl ini termasuk danau terbesar ke-3 di Indonesia. Danau ini membentang dari Utara ke Selatan sepanjang 32 km dan lebar 16 km dengan kedalaman sekitar 360 m di bagian selatan dan 510 m di bagian utara. Danau ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan mempesona, udara yang sejuk, hamparan pantai pasir putih yang berkilau, serta lereng gunung dan hutan di sekitarnya.

Kawasan Wisata Danau Poso cukup strategis yaitu berada dilintasan perjalanan trans-Sulawesi antara Tana Toraja, Poso, Gorontalo, dan Manado membuat danau ini selalu disinggahi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Keistimewaan yang dimiliki Danau Poso adalah airnya yang sangat jernih meskipun terjadi banjir pada beberapa anak sungai yang mengalir ke danau ini. Hamparan pasir yang terdapat di tepi danau terdiri dari 2 warna, yaitu putih dan kuning keemasan. Saat berada di tepi danau, Anda akan merasakan suasana seperti berada di pantai. Di tepian danau, tampak ikan-ikan kecil bernang di antara gulungan ombak yang menyapu. Ombak yang terdorong oleh hembusan angin tersebut meninggalkan buih putih di tepian danau, hampir sama dengan pantai. Bedanya, di sepanjang tepi danau ini tidak terdapat batu karang. Justru karena kondisi demikian, danau ini sangat cocok untuk berenang.

Setiap minggu ke-4 pada bulan Agustus, Anda dapat menyaksikan Festival Danau Poso. Dalam festival tersebut dipertontonkan berbagai perlombaan, seperti pagelaran tarian dan bisana adat dari berbagai suku di Sulawesi Tengah, permainan tradisional, lomba lagu daerah, pemilihan Putri Danau Poso, Pertandingan bola voli pasir, lomba perahu hias, perahu dayung, tarik tambang di atas perahu, serta pameran produk unggulan daerah Sulawesi Tengah.

Lokasi Objek Wisata Danau Poso ini terletak di Kota Tentena, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Danau ini terletak sekitar 283 km dari Palu atau sekitar 56 km dari Poso. Dari Palu dapat Anda tempuh selama 8 jam. Sementara dari Poso, Perjalanan hanya memerlukan waktu 1,5 jam.

Di sekitar Danau Poso tersedia berbagai macam fasilitas, seperti hotel, losmen, home stay, dan rumah makan. Salah satu menu utama yang disajikan di warung-warung makan tersebut adalah masakan khas suku Pamona yang disebut dengan arogo, yakni ikan danau yang rasanya sangat gurih sayang untuk tidak mencicipi.

Itulah sedikit ulasan Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Danau Poso Sulawesi Tengah pada kesempatan kali ini. Lihat juga Objek Wisata Danau sebelumnya yaitu Objek Wisata Danau Napabale yang terdapat di Muna Sulawesi Tenggara. Semoga salah satu danau ini bisa menjadi tempat tujuan wisata favorit Anda untuk dikunjungi...



newer older beranda