Objek Wisata Pantai Depok Bantul Yogyakarta

Pantai DepokPantai Depok pertama kali di temukan oleh para nelayan asal Cilacap sekitar 14 tahun yang lalu. Para penduduk sekitar Pantai Depok yang awalnya mencari penghidupan dengan bertani, perlahan berubah menjadi nelayan. Hal ini di karenakan pengaruh dari para nelayan Cilacap yang selalu membawa hasil laut yang banyak dan berlabuh di Pantai Depok. Sejak itulah Pantai Depok muali ramai. Bukan oleh para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai, melainkan oleh para nelayan yang berlabuh.

Para nelayan setempat bermodal perahu motor yang dilengkapi dengan cadik melaut sepanjang tahun. Namun dalam waktu tertentu, mereka sengaja tidak melaut karena budaya lokal yang masih di pegang teguh. Pada hari-hari tertentu seperti Selasa Kliwon dan Jum’at Kliwon yang masih dianggap keramat. Bulan Juni-September menjadi hari paceklik ikan.

Dilihat dari lokasinya, kawasan Wisata Pantai Depok tidak begitu jauh dari Pantai Parangtritis atau sekitar 1,5 kilometer. Seiring waktu, pantai ini berubah menjadi kawasan wisata pantai yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Baik yang datang langsung ke Pantai Depok maupun yang berasal dari Pantai Parangtritis.

Menyikapi hal ini, para penduduk setempat melihat peluang untuk mata pencaharian mereka. Mereka membuka warung makan seafood dengan nuansa tradisional dengan rancangan lesehan menggunakan tikar dan meja-meja kecil. Meski sederhana, warung makan tampak bersih dan nyaman. Berbagai hidangan seafood siap menyambut kedatangan wisatawan, hidangan ikan cakalang menjadi yang populer dikarenakan harganya yang terjangkau.

Hidangan seafood biasanya dimasak dengan dibakar atau digoreng. Jika ingin memesannya, anda bisa menuju tempat pelelangan ikan untuk memesan ikan atau tangkapan laut yang lain. Setelah itu, anda biasanya akan diantar menuju salah satu warung makan yang ada di pantai itu oleh salah seorang warga. Kuliner di pantai ini juga menjadi daya tarik sendiri bagi Objek Wisata Pantai Depok ini.

Keindahan lainnya yang terdapat di Objek Wisata Pantai Depok Bantul ini adalah hamparan gumuk pasir yang terbentang luas sampai ke kawasan Pantai Parangkusumo dan Pantai Parangtritis. Gumuk pasir yang ada di pantai ini adalah satu-satunya di kawasan Asia Tenggara dan merupakan suatu fenomena yang jarang dijumpai di wilayah tropis. Di sini, anda bisa menikmati hamparan gumuk pasir yuang luas.

Gumuk Pasir di kawasan Pantai Depok ini terbentuk melalui proses yang unik selama ribuan tahun yang lalu. Ada beberapa tipe yang terbentuk, yaitu parabolic dune, longitudinal dune, comb dune dan barchan dune. Angin laut dan bukit terjal di sebelah timur menerbangkan pasir hasil aktivitas Merapi yang terendap di dekat sungai menuju daratan, membentuk bukit pasir atau gumuk.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Depok sembari menikmati hidangan laut sekaligus pemandangan gumuk pasir yang ada disini, Anda bisa melalui rute yang sama dengan Pantai Parangtritis dari Yogyakarta. Setelah sampai di dekat pos retribusi Parangtritis, anda bisa berbelok ke kanan menuju ke kawasan Objek Wisata Pantai Depok Bantul Yogyakarta.

Demikianlah salah satu keindahan Objek Wisata Alam Indonesia berupa Objek Wisata Pantai Depok Bantul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan Objek Wisata Pantai sebelumnya yaitu Objek Wisata Pantai Congot yang juga terdapat di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Semoga salah satu pantai ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...