Objek Wisata Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta

Pantai ParangtritisYogyakarta termasuk salah satu daerah di Indonesia yang memiliki garis pantai yang begitu panjang, sehingga wajar jika daerah ini termasuk salah satu daerah yang memiliki Objek Wisata Pantai yang begitu banyak di Indonesia. Salah satu pantai yang telah menjadi ikon Yogyakarta dan sudah banyak dikenal oleh para pelangcong adalah Pantai Parangtritis.

Mungkin sebagian dari Anda akan bertanya-tanya, mengapa kawasan Wisata Pantai Parangtritis menjadi begitu populer dan dikenal oleh para wisatawan? Yupzz...Setidaknya ada dua hal yang membuat pantai ini menjadi tujuan wisata pantai yang menarik di Indonesia:
  1. Keindahan sunset yang begitu memanjakan mata, sangat cocok untuk menghabiskan petang bersama "seseorang" disamping Anda.
  2. Mitos Nyi Roro Kidul yang sudah dikenal di Indonesia sangat melekat dengan keberadaan Pantai Parangtritis ini.
Kedua hal diatas bisa disebut sebagai nilai lebih Pantai Parangtritis hingga bisa menjadi ikon Yogyakarta.

Objek Wisata Pantai Parangtritis terletak sekitar 27 km di sebelah Selatan Kota Yogyakarta. Pantai ini mudah dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga pukul 5 sore, maupun kendaraan pribadi. Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai paling terkenal di Yogyakarta ini. Namun bila Anda tiba lebih cepat, tak ada salahnya untuk naik ke Tebing Gembirawati di belakang pantai ini. Dari sana kita bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis, laut selatan, hingga ke batas cakrawala.

Bagi Anda yang memilih angkutan umum, anda dapat naik dari terminal lama Umbulharjo, atau bisa juga menuju kawasan Prawirotaman Yogyakarta untuk menunggu bis umum yang membawa Anda ke Pantai Parangtritis. Ada dua pilihan rute: melalui Imogiri-Siluk atau Kretek. Jika anda ingin memanjakan mata selama perjalanan pilihlah rute Imogiri-Siluk. Melalui rute Imogiri-Siluk, anda akan melewati pemakaman keluarga kerajaan dan disuguhi pemandangan bukit kapur yang indah dan unik. Tapi jika anda ingin cepat sampai ke Pantai Parangtritis, pilihlah rute Kretek.

Hanya dengan biaya masuk yang murah, ada banyak hal yang bisa dilakukan di Pantai Parangtritis. Melihat matahari terbenam adalah salah satu yang paling diminati. Oleh sebab itu, saat terbaik pergi ke Pantai Parangtritis adalah saat menjelang senja. Remang romantis senja Pantai Parangtritis juga seringkali dimanfaatkan pasangan calon mempelai sebagai latar foto pranikah. Tersedia pula jasa bendi yang akan mengantar anda menyusuri permukaan pasir mulus Pantai Parangtritis. Kalau anda lebih suka naik kudanya langsung, anda juga bisa mendatangi jasa penyewaan kuda.

Objek Wisata Pantai Parangtritis Bantul ini juga dikenal dengan pantai yang memiliki ombak besar dan juga bukit-bukit pasirnya, atau biasa disebut gumuk. Pada musim kemarau biasanya angin bertiup lebih kencang, dan ombaknya rata-rata setinggi dua sampai tiga meter. Karena kebuasan ombaknya, pengunjung Pantai Parangtritis tidak direkomendasikan untuk berenang.

Sebagai kawasan wisata, Pantai Parangtritis dikelola dengan cukup baik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul. Mulai dari fasilitas penginapan sampai pasar yang menjajakan souvernir khas tersedia di Pantai Parangtritis. Di pinggir pantai tersedia fasilitas pemandian umum. Diantaranya adalah pemandian Parang Wedang yang airnya konon dapat mengobati berbagai penyakit kulit. Ini karena air di pemandian tersebut mengandung belerang.

Permainan layang-layang juga dapat dijadikan pilihan jika ingin lebih mendapatkan suasana santai. Angin Pantai Parangtritis yang kencang dapat membantu anda menerbangkan layang-layang. Bahkan pemula yang tak pernah bermain layang-layang pun akan menerbangkan layang-layangnya dengan mudah dengan bantuan angin Pantai Parangtritis. Wajar saja jika Pantai Parangtritis sering dijadikan lokasi festival layang-layang.

Pantai Parangtritis sangat lekat dengan legenda Ratu Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan. Hotel Queen of the South adalah sebuah resort mewah yang diberi nama sesuai legenda ini. Sayangnya resort ini sekarang sudah jarang buka padahal sebelumnya memiliki pemandangan yang sanggup membuat kita menahan nafas.

Demikianlah salah satu kekayaan Objek Wisata Alam Indonesia berupa Objek Wisata Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan Objek Wisata Pantai sebelumnya yaitu Objek Wisata Pantai Teleng Ria yang terdapat di Pacitan Jawa Timur. Semoga salah satu pantai ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...