Objek Wisata Pulau Penyengat Tanjungpinang Kepri

Pulau Penyengat Tanjungpinang
Objek Wisata Pulau Penyengat Tanjungpinang Kepri ---Kepri atau Kepulauan Riau merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak pulau eksotis dan sayang untuk dilewatkan. Salah satu pulau yang populer dan memiliki nilai sejarah tinggi adalah Pulau Penyengat.

Kawasan Wisata Pulau Penyengat terletak sekitar berukuran panjang 2.000 meter dan lebar 850 meter, berjarak lebih kurang 35 km dari Pulau Batam. Secara administratif, kawasan Wisata Pulau Penyengat termasuk dalam kecamatan Tanjung Pinang Barat, Kepulauan Riau.

Akses Menuju Objek Wisata Pulau Penyengat

Objek Wisata Pulau Penyengat dapat ditempuh dari Pulau Batam yang merupakan gerbang para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Penyengat. Anda dapat menggunakan jasa taksi yang tersedia di Kota Batam menuju ke Pelabuhan Punggur. Tidak seperti taksi-taksi lain pada umumnya, taksi di Pulau Batam ini sama sekali tidak berpatokan kepada argo tetapi harganya di negosiasi sesuai kesepakatan antara supir dan penumpang.

Di Pelabuhan Punggur ini terdapat banyak kapal Ferry dengan berbagai tujuan pulau. Untuk menuju ke Pulau Penyengat terlebih dahulu Anda harus transit di Kota Tanjung Pinang, Pulau Bintan. Selanjutnya dari Pulau Bintan, Anda bisa menggunakan perahu Pompong yang terdapat di sekitar dermaga menuju ke Pulau Penyengat.
Berdasarkan cerita, dinamakan Pulau Penyengat karena pulau ini dulunya adalah tempat persinggahan para pelaut setelah berlayar untuk mendapatkan air tawar. Dan pada saat itu, seorang pelaut tersebut disengat beberapa ekor lebah ketika hendak mengambil air tawar. Oleh sebab itu, mereka mulai menyebut nama pulau ini dengan nama Pulau Penyengat.

Wisata Sejarah di Pulau Penyengat

Pulau Penyengat ini merupakan pusatnya wisata sejarah yang terdapat di Kepulauan Riau. Hal ini dibuktikan dalam beberapa catatan sejarah yang menyebutkan bahwa Pulau Penyengat ini pada ratusan tahun yang lalu adalah sebuah kawasan pemerintahan dan administratif yang dipimpin oleh Kerajaan Melayu Riau Lingga yang berkuasa cukup lama.

Di Objek Wisata Pulau Penyengat Tanjungpinang ini Anda juga bisa melihat bangunan Masjid Raya Sultan Riau Penyengat yang dibangun oleh Sultan Mahmud tepatnya pada tahun 1803 silam. Selain itu ada Rumah Panggung unik yang berfungsi sebagai Balai Adat, Komplek Pemakaman raja-raja Melayu Riau yang pernah berkuasa di Pulau Penyengat ini.

Wisata Kuliner di Pulau Penyengat

Tak lengkap rasanya jika membicarakan Pulau Penyengat jika tidak membicarakan kuliner khas Pulau ini. Bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner khas Pulau Penyengat, di beberapa kawasan juga terdapat rumah makan yang menyediakan menu hidangan berupa Seafood yang diolah dengan bumbu-bumbu khas Melayu. Hidangan tersebut disajikan dengan nasi dan sambal. Tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.
Demikianlah info Objek Wisata Alam Indonesia tentang eksotisme Objek Wisata Pulau Penyengat Tanjungpinang Kepulauan Riau pada kesempatan kali ini. Lihat juga rekomendsi Objek Wisata Pulau sebelumnya yaitu Objek Wisata Pulau Ohoiew yang terdapat di wilayah Tual Maluku. Semoga bisa menjadi wisata favorit Anda...