Keunikan Objek Wisata Telaga Puteri Tujuh Warna di Bengkulu

Keunikan Objek Wisata Telaga Puteri Tujuh Warna di BengkuluObjek Wisata Sungai Telaga Putri Tujuh Warna ---Bagi Anda yang ingin menikmati sebuah keunikan dari sebuah sungai atau telaga, mungkin Telaga Puteri Tujuh Warna bisa menjadi destinasi kunjungan wisata Anda. Sebuah keindahan keindahan dan keunikkan yang sangat jarang bisa anda temukan di tempat lain. Apalagi sampai memiliki tujuh macam warna dan dilengkapi dengan suasana tenang dan alami.

Kawasan Wisata Telaga Puteri Tujuh Warna ini memiliki luas sekitar 50 Hektar dengan tujuh warna. Empat buah telaga yang memiliki ukuran besar adalah telaga yang berwarna biru, merah, putih dan abu-abu, sedangkan tiga warna lainnya memiliki ukuran yang kecil yakni telaga dengan warna kuning, coklat dan hitam.

Akses Menuju Telaga Puteri Tujuh Warna

Secara administratif, Objek Wisata Sungai Telaga Putri Tujuh Warna berada di perbatasan kabupaten Rejang Lebong dengan Kabupaten Lebong, tepatnya di Desa Rimbo Pengadang. Kecamatan Air Dingin, Bengkulu. Untuk mencapai telaga ini, Anda harus menempuh jarak 70 km dari Kota Bengkulu. Anda bisa menggunakan bis dengan jurusan Curup dari terminal panorama di Bengkulu dan berhenti di terminal Curup. Kemudian dilanjutkan dengan naik angkutan desa (angdes) menuju Sumber Bening atau Rimbo Pengadang, yang memakan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus menitipkan kendaraan anda di Rimbo Pengadang karena kendaraan anda tidak bisa dibawa masuk melewati jalan setapak yang akan anda lewati nantinya.
Saat Pertama kali Anda memasuki kawasan Objek Wisata Sungai Telaga Putri Tujuh Warna ini, Anda akan melihat Telaga dengan diameter sekitar 10 meter dengan warna biru. Telaga ini merupakan salah satu sumber air panas. Di sekitar telaga biru ini bisa kita jumpai telaga-telaga kecil lainnya yang berwarna kuning, coklat dan hitam.

Perjalanan anda selanjutnya adalah mengikuti aliran dari sungai kecil berwarna merah sejauh 200 meter dari telaga biru. Jalan ini akan membawa anda ke telaga yang berwarna merah. Telaga ini juga berukuran besar dan terlihat jelas asap yang berada diatasnya karena kontras warna antara telaga yang berwarna merah dan asap yang berwarna putih. Selama perjalanan menuju telaga merah ini jalanan terkadang cukup licin karena banyaknya lumut yang mendominasi serta tumbuhan khas hutan hujan tropis yakni tumbuhan berupa paku-pakuan dan pandan.

Telaga selanjutnya adalah telaga dengan warna abu-abu. Harap berhati-hati ketika menuju telaga ini, karena track yang harus anda lalui cukup sulit dengan adanya tebing yang harus anda turuni. Waspada terpeleset jika anda tidak berhati-hati, sangat disayangkan jika liburan anda harus merasakan cedera, apalagi jarak antara telaga merah dan telaga abu-abu ini cukup jauh yakni sekitar 500 meter. Telaga abu-abu ini memang tidak terlalu besar, karena hanya berdiameter sekitar 4 meter saja. Tetapi tetap saja tampak indah dengan melengkapi warna-warna yang ada di telaga puteri tujuh warna ini.

Tujuan anda selanjutnya adalah telaga utama dari Objek Wisata Telaga Puteri Tujuh Warna Bengkulu ini, yaitu telaga yang berwarna putih. Mengapa menjadi telaga utama? Mungkin alasan yang paling kuat adalah telaga putih ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari telaga lainnya. Diameternya adalah 50 meter dan 100 meter, sehingga ukurannya sangat luas dan disinilah anda bisa melihat langit dengan lega serta leluasa karena tak tertutup oleh pohon-pohon di hutan seperti di telaga-telaga sebelumnya. Di tengah telaga putih ini, kerap menyemburkan air dalam beberapa waktu, sehingga walaupun suasananya hening dan tenang, tetapi suara semburan air tersebut akan memberikan rasa tenang yang berbeda.

Telaga yang terakhir ini juga memiliki mitos tersendiri. Mitos tersebut adalah, jika ada yang mengucapkan kata ‘Puteri’ di telaga ini, konon semburan air yang berada di tengah telaga yang berwarna putih ini akan semakin membesar. Maka dari itu, telaga ini memiliki nama Telaga Puteri Tujuh Warna, serta telaga putih inilah yang menjadi telaga utamanya. Terlepas percaya atau tidak, sebaiknya berhati-hati dan ikuti saja aturan adat setempat.

Tips Mengunjungi Telaga Putri Tujuh Warna

  • Buat anda yang belum terbiasa jalan jauh tetapi penasaran dengan telaga ini, sebaiknya siapkan fisik anda sebelumnya dengan membawa perbekalan lengkap. Selain itu, jangan pergi sendiri dan ditemani oleh rekan yang lebih berpengalaman.
  • Mulailah perjalanan anda di pagi hari, sehingga tidak terburu-buru untuk menyelesaikan wisata anda hingga ke telaga utama. Selain itu, anda tidak perlu takut kemalaman jika anda terlalu banyak beristirahat.
  • Sebaiknya gunakan angkutan umum, sehingga anda tak perlu khawatir menitipkan kendaraan anda.
Demikianlah info Objek Wisata Alam Indonesia tentang Keunikan Objek Wisata Sungai Telaga Puteri Tujuh Warna di Bengkulu pada kesempatan kali ini. Lihat juga rekomendasi Wisata Sungai sebelumnya yang tidak kalah menarik yaitu Objek Wisata Sungai Telaga Sunyi yang terdapat di kawasan Baturaden Banyumas. Semoga salah satu tempat wisata ini bisa menjadi destinasi Anda berikutnya...