Objek Wisata Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai SepanjangPantai Sepanjang sesuai dengan namanya memiliki garis pantai yang terpanjang di antara pantai-pantai di daerah Gunung Kidul. Hamparan luas pasir putih yang memanjang dari sisi barat ke timur yang di batasi dengan perbukitan batu karang yang kokoh tegak berdiri, merupakan keindahan tersendiri yang di tawarkan oleh Pantai Sepanjang ini.

Kawasan Wisata Pantai Sepanjang ini berada pada garis pantai yang sama dengan Pantai Sundak, Pantai Kukup, Pantai Baron. Jadi, bagi wisatawan yang mengunjungi Pantai Sepanjang ini bisa juga sekalian mengunjungi pantai lainnya di Gunung Kidul ini.

Walaupun pada garis pantai yang sama, Pantai Sepanjang menyajikan keindahan tersendiri seperti Kuta Tempoe Doeloe. Wajar jika sebagain menyebutny sebagai Pantai Kuta Yogyakarta. Semoga keaslian Pantai Sepanjang ini tetap terjaga dan tidak menjadi eksploitasi untuk kepentingan sesaat.

Memasuki area Objek Wisata Pantai Sepanjang, kita akan disambut dengan suara deburan ombak yang ditingkahi suara angin pantai yang besar. Panasnya matahari tidak sebanding dengan keindahan batu-batu karang yang berada di bawah air, serta bukit-bukit penjaga yang setia sepanjang masa terhadap keindahan pasir putih pantai ini.

Keindahan Objek Wisata Pantai Sepanjang Gunung Kidul ini makin terlihat ketika air laut surut, dengan munculnya ceruk-ceruk batu diantara batu karang membentuk habitat aneka biota laut. Penduduk sekitar juga memanfaatkan air laut surut untuk mengambil beberapa rumput laut untuk dijadikan konsumsi pribadi maupun dijual setelah menjadi produk olahan. Namun bagi pengunjung juga harus berhati-hati dengan ceruk karang di waktu surut. Karena bisa saja ada yang terperosok kedalamnya.

Demikianlah salah satu potensi Objek Wisata Alam Indonesia berupa Objek Wisata Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan Objek Wisata Pantai sebelumnya yaitu Objek Wisata Pantai Ngobaran yang juga terdapat di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga salah satu pantai ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...