Objek Wisata Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Watu KodokPantai Kodok merupakan salah satu Objek Wisata Pantai yang terbilang masih baru di gugusan Pantai Gunung Kidul Yogyakarta. Setiap pantai, baik penamaan maupun nilai sejarah dibaliknya juga menjadi keistimewaan dari suatu pantai. Seperti Pantai Kodok, disebut demikian karena di pantai ini terdapat karang berbentuk kodok seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Selain karang berbentuk kodok, pasir putih yang terhampar luas dengan bebatuan karang menjaga di sisi kanan kiri kawasan Wisata Pantai Kodok juga menjadi ciri khas dari pantai ini. Deburan ombak menjadi pasangan setia dari keindahan pantai ini. Watu Kodok atau Katak Batu merupakan pantai yang sejajar dengan Pantai Baron, Pantai Kukup, dan Pantai Krakal. Keindahan pantai ini tidak kalah menarik dengan pantai-pantai yang sudah memiliki nama.

Pasir putih dan bebatuan bukit karang menjadi ciri khas dari Objek Wisata Pantai Watu Kodok ini. Jalan masuk yang masih berupa conblok menjadikan pantai ini tidak mudah diakses oleh jenis transportasi besar. Tapi bagi teman-teman yang ingin merasakan keindahan pantai ini bukanlah halangan untuk menikmatinya.

Sebagai pantai yang masih baru, keindahan pantai ini selayaknya di kelola dengan menghormati keseimbangan alam dan tidak terlalu mengeksploitasi secara berlebihan. Keunikan yang ada di pantai ini masyarakat sekitar memanfaatkan rumput laut untuk dikonsumsi secara pribadi dengan cara-cara pengolahan yang bijak sesuai kaidah alam.

Akses menuju Objek Wisata Pantai Kodok Gunung Kidul ini bisa dilalui melalui jalur Kota Yogyakarta menuju pusat kota Wonosari. Kemudian di lanjutkan mengikuti rute ke arah Pantai Baron. Setelah itu masuk Pintu Gerbang Pantai Baron belok arah kanan mengikuti jalan yang menuju Pantai Indrayanti. Untuk memasuki pantai ini terdapat papan arah menuju Pantai Kodok di pinggir jalan.

Demikianlah salah satu potensi Objek Wisata Alam Indonesia berupa Objek Wisata Pantai Watu Kodo Gunung Kidul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan Objek Wisata Pantai sebelumnya yaitu Objek Wisata Pantai Sepanjang yang juga terdapat di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga salah satu pantai ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...