Objek Wisata Pantai Pandansari atau Pantai Patehan Bantul Yogyakarta

Pantai Pandansari atau Pantai PatehanBagi Anda yang kebetulan telah berkunjung ke Kawasan Wisata Pantai Bantul, namun melewatkan Pantai Pandansari atau Pantai Patehan pastinya akan merasa kecewa. Tidak hanya karena keindahannya, melainkan karena jarak Pantai Pandansari dengan pantai yang sedang Anda kunjungi saat ini memang berdekatan. Lalu, mengapa tidak sekalian saja mengunjungi Pantai Pandansari?

Jika Anda saat ini sedang mengunjungi Pantai Samas, maka deretan pantai sesudahnya adalah kawasan Wisata Pantai Pandansari ini. Harusnya, perjalanan Anda selanjutnya juga dilanjutkan untuk mengunjungi Pantai Kuwaru dan Pantai Pandansimo, hanya dalam satu kali perjalanan wisata.

Jika dibandingkan dengan Tempat Wisata Pantai Bantul lainnya, Objek Wisata Pantai Pandansari termasuk pantai yang masih relatif sepi. Karena itu, pemandangan dan panorama pantai masih terlihat begitu asri dan alami. sebuah Mercusuar yang berdiri tak jauh dari bibir pantai menjadi nilai lebih dari Pantai Pandansari ini. Sangat sedikit sekali bisa kita jumpai warung atau rumah penduduk, bahkan penjual cendera mata pun jarang yang berdagang disana.

Perjalanan untuk menuju ke Pantai Pandansari ini dari kota Yogyakarta atau jogja sangatlah mudah, yaitu dengan menelusuri saja Jalan K.H. Wachid Hasyim ini menuju ke selatan, lurus terus ke arah Bantul, tepatnya ke arah Pantai Samas. Sebelum memasuki areal Pantai Samas, akan ada papan petunjuk ke arah Bumi Perkemahan Pramuka Kwartir Cabang Bantul. Ikuti jalan menuju buper ini tapi jangan masuk ke bupernya. Ikuti terus jalan yang ada hingga akhirnya kita akan mencapai Pantai Pandansari. Waktu tempuh dari Jogja sekitar 30 menit jika ngebut sampai 1 jam jika bersantai-santai.

Ciri khusus pantai ini adalah seperti di pantai bagian barat lainnya adalah sedikitnya karang, tingginya ombak, dan pasirnya yang berwarna hitam keabu-abuan. Jangan berharap untuk bersantai di pasir atau berenang di laut bila akan berkunjung ke pantai ini.

Pasirnya yang keabu-abuan dengan ombak yang ganas membuat Pantai Pandansari kurang indah bila dibandingkan dengan pantai lain. Namun pantai yang juga berfungsi sebagai pelabuhan bagi kapal nelayan ini memiliki mercusuar setinggi kurang lebih 25 meter. Mercusuar ini dibangun sebagai penunjuk arah bagi kapal-kapal yang akan berlabuh. Selain itu, bangunan ini rupanya juga dibuka bagi pengunjung yang ingin melihat luasnya panorama laut dari Puncak Mercusuar.

Demikianlah salah satu potensi Objek Wisata Alam Indonesia berupa Objek Wisata Pantai Pandansari atau Pantai Patehan di Bantul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Semoga Objek Wisata Pantai ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...