Objek Wisata Pulau Onrust Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau OnrustObjek Wisata Pulau Onrust Kepulauan Seribu Jakarta ---Menikmati wisata sejarah di sebuah pulau? Mengapa tidak, ini bisa dilakukan jika Anda mengunjungi Pulau Onrust yang juga memiliki berbagai sisa peninggalan sejarah yang cukup menarik untuk diketahui.

Pulau Onrust adalah pulau yang terletak dalam gugusan Kepulauan Seribu dan merupakan satu satunya Pulau di Kepulauan Seribu yang dinobatkan sebagai pulau bersejarah bahkan dapat dikatakan dilindungi kelestarian sejarahnya karena Pulau Onrust dijadikan sebagai cagar alam.

Luas kawasan Wisata Pulau Onrust tidak seberapa, tidak jauh berbeda dengan luas hanya 12 hektar sebanding dengan luas beberapa tempat wisata di Jakarta dan letaknya juga hanya beberapa kilometer dari pesisir Jakarta Utara yaitu lebih kurang 14 kilometer, tetapi kondisi Pulau Onrust seperti menceritakan kepada wisatawan yang mengunjunginya bahwa mereka telah memasuki dunia lain yang berbeda, dunia sejarah tanpa ada asap mobil, kemacetan, dan hiruk pikuk keramaian.

Ketika Anda baru pertama kali datang ke Objek Wisata Pulau Onrust, tidak banyak yang dapat dilihat, hanya dermaga nan kotor dan pasir yang bisa dikatakan tidaklah putih lagi. Pasir itu banyak terkontaminasi sampah yang datangnya dari Jakarta atau bahkan dari pendatang yang kebetulan berkunjung dan meninggalkan sampah di sana sini. Air lautnya pun tidak lagi biru, mulai menggelap seperti tercemar limbah. Salah tempat jika Anda ingin mencoba water sport seperti snorkeling untuk sekedar melihat keindahan dasar laut karena Onrust tidak bercerita tentang indahnya karang karang laut, beragam jenis ikan air asin ataupun bersihnya pasir putih.

Berwisata ke Objek Wisata Pulau Onrust Kepulauan Seribu kadang menjadi paket perjalanan wisata ke Kepulauan Seribu saat wisatawan mengunjungi Pulau Bidadari (pulau sekitar pulau Onrust). Maksudnya adalah Pulau Onrust tidak benar benar dijadikan satu satunya tujuan liburan menghabiskan waktu dengan keluarga layaknya Pulau Tidung, Pulau Pramuka dan Pulau lainnya. Selain karena memang laut dan pasirnya tidak seindah pulau lain, ini karena Pulau Onrust tidak menyediakan fasilitas fasilitas seperti homestay, playground, watersport dan lainnya.

Objek Wisata Pulau Onrust Kepulauan Seribu ini benar-benar hanya menyediakan sejarah yang menceritakan bahwa penjajahan tidak sebatas pada daratan, tetapi juga perairan Indonesia seperti Pulau Onrust sendirimisalnya. Tapi walaupun tidak ada fasilitas fasilitas tersebut, jangan pernah takut kelaparan saat ingin menghabiskan waktu mengenang jaman penjajahan di Pulau Onrust. Jajaran pedagang yang tidak rapi banyak menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman saat beberapa wisatawan termasuk Anda mungkin nantinya datang ke Pulau Onrust.

Itulah sedikit info Objek Wisata Alam Indonesia seputar keindahan Objek Wisata Pulau Onrust Kepulauan Seribu Jakarta pada kesempatan kali ini. Jangan lupa untuk melihat rekomendasi Objek Wisata Pulau sebelumnya tentang Objek Wisata Pulau Rambut, yang juga terdapat di Kepulauan Seribu Jakarta. Semoga salah satu pulau ini bisa menjadi destinasi wisata Anda berikutnya...